[Info Banten] Perlu 12 Tahun Perbaiki Jalan di Banten

perlu 12 thnTEMPO.CO, Serang–Pemerintah Provinsi Banten membutuhkan waktu selama 12 tahun untuk memiliki jalan provinsi sepanjang 852,89 kilometer menjadi mulus secara keseluruhan. Karena jalan provinsi yang menggunakan hotmix harus diganti dengan menggunakan jalan beton, agar lebih bisa bertahan lama jika dilewati kendaraan bermuatan lebih.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Banten Toni Fatoni Mukson mengatakan, saat ini sangat sulit untuk mencegah kendaraan bermuatan lebih tidak melintas di jalan provinsi. Karena jika hal itu dilakukan, maka akan menghambat pertumbuhan ekonomi masyarakat. “Untuk itu yang perlu dilakukan yakni mengganti jalan hotmix dengan jalan beton,” kata Toni Fatoni Mukson, Kamis, 20 Juni 2013.

Menurut Toni, dengan dibangunnya jalan tersebut dengan beton, maka setiap satu kilo meter Provinsi Banten membutuhkan dana hingga Rp 4,5 miliar. “Pada tahun 2013 ini untuk 6 ruas jalan saja Pemprov Banten telah menganggarakan Rp1 trilun,” kata Toni.

Sementara itu, Anggota Komisi IV lainya, Irfan Maulidi mengatakan, dari hasil perhitunganya, agar jalan provinsi menjadi mulus maka membutuhkan waktu hingga 12 tahun. Hal itu bisa tercapai, apabila anggota DPRD Banten dan Pemerintah Provinsi Banten komitmen dalam menjalankan perda infrastruktur dengan Sistem Penganggaran Tahun Jamak, “Hitungan saya 12 tahun jalan Provinsi Banten baru bisa mulus,” katanya.

Menurut Irfan, saat ini terkait pengawasan pembangunan jalan terus dilakukan para anggota Komisi IV DPRD Banten. “Namun dalam pengawasan yang kami lakukan, ternyata terdapat kendala teknis yang menyulitkan dalam proses pembangunanya, seperti koordinasi dengan pihak perusahan BUMN dalam membesakan lahan, pemerintah kabupaten/kota, dan masyarakat,” ujarnya.

Untuk diketahui, dari panjang 852,89 kilometer jalan provinsi, yang perbaikanya tanggungjawab Provinsi Banten, sebanya 30% atau 257,96 kilometer dinyatakan rusak. Sedangkan pada tahun 2013 ini, pemerintah Provinsi Banten hanya mampu memperbaiki kerusakan jalan itu 5% atau sepanjang 42,64 kilometer.

Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan, Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) Provinsi Banten, Muchtar Sutanto mengatakan, anggaran yang dikelola DBMTR Banten sebesar Rp1,018 triliun pada tahun 2013. Dana sebesar Rp922 miliar untuk delapan kegiatan pembangunan jalan dan Rp109 miliar untuk kegiatan pendukung seperti pengadaan alat berat.

sumber dipostkan kembali oleh ensiklopebanten.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: