WAGUB TINJAU PROGRES PEMBANGUNAN MUSEUM BANTEN

KOTA SERANG – Wakil Gubernur (Wagub) Banten-H.Rano Karno, Rabu (17/10), melakukan inpeksi mendadak (sidak) ke lokasi museum Provinsi Banten yang baru dibangun dalam dua lantai berlokasi dekat dengan kawasan Gedung Dinas Budaya dan Pariwisata (Budpar) dan Gedung Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Banten (BKPD) Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kec.Curug, Kota Serang.

Dalam pernyataannya Wagub berharap kepada Dinas Budpar agar penyelesaian pembangunan gedung/museum Provinsi Banten bisa selesai secepatnya dalam waktu dua minggu ke depan, mengingat target penggunaan gedung tersebut sekitar tanggal 29 Oktober 2012 sudah bisa digunakan dan sudah bisa di-launching.

“Walaupun hanya satu patung pun di museum ini tidak masalah, yang penting dengan nawaitu (niat) yang baik, maka peresmian museum ini bisa diselesaikan dengan serius. Minggu depan Dinas Budpar sudah harus memberikan laporan ke saya” tegas Wagub.

Menurut Wagub secara ideal pembangunan museum ini diakui belum maksimal, mengingat untuk pengisian koleksinya saja tidak bisa dilakukan dalam kurun waktu satu ataupun dua tahun, namun itu harus dilakukan secara bertahap.

“Apalagi saat ini banyak artefak-artefak Banten dan benda-benda bersejarah Banten yang masih tersimpan di Museum Leiden, Belanda. Kita sudah berhubungan dengan orang Leiden Belanda. Bahkan mereka pun sudah meresponnya dengan baik. Nah untuk pengambilan benda-benda sejarah itu perlu administrasi yang tentunya membutuhkan waktu” tutur Wagub.

Untuk sementara museum Banten ini akan diisi dengan benda-benda bersejarah hasil relokasi dari orang Jerman yang menyimpannya di Museum Carita Krakatau. Selain itu juga akan diisi dengan benda-benda bersejarah yang dimiliki warga Banten.

“Pembangunan museum ini merupakan pijakan provinsi, karena berdasarkan undang-undang setiap provinsi wajib memiliki museum” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Budpar Provinsi Banten-H.Ajak Moeslim menyatakan pihaknya akan mengupayakan pembangunan museum ini sesuai dengan target yang diinginkan Wakil Gubernur Banten pada 29 Oktober mendatang. Karena secara materi isi museum tersebut sudah ada yakni benda-benda purbakala yang dititipkan di Museum Carita Krakatau di Kantor Dinas Budpar Provinsi Banten.

“Ada 116 item benda-benda purbakala yang dititipkan di Dinas Budpar Provinsi Banten. Untuk saat ini kita tinggal melihat kesiapan prasana museum ini” ujarnya.

Dinas Budpar Provinsi Banten juga telah menyiapkan sebanyak 11 personil yang merupakan unsur pegawai Dinas Budpar yang akan ditempatkan di Museum Banten.

“Ke depan, museum ini akan diurus oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah koordinasi Dinas Budpar Provinsi Banten. UPT itu nantinya bernama Balai Budaya dan akan ada dua Seksi yang akan menangani museum itu” katanya.

Pada bagian lain, Kepala Seksi Tata Bangunan pada Dinas Sumber Daya Air dan Permukiman (DSDAP) Provinsi Banten-Rahmatulloh menegaskan bahwa pihaknya akan mempercepat proses pembangunan prasarana gedung museum Banten yang berada di atas lahan 4.000 meter persegi itu termasuk pembangunan pagar museum yang saat ini tengah dikerjakannya.

“Proses percepatan pembangaunan ini akan dikerjakan siang dan malam termasuk pembangunan pagar ini. Sehingga pada tanggal 29 Oktober gedung ini sudah bisa di-launching. Bahkan kita juga sudah menyiapka meubeuler dan AC untuk ditempatkan di dalam gedung tersebut” tambahnya.

Sumber dipostkan kembali oleh ensiklopebanten.wordpress.com

Postingan Terbaru Lain-nya :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: