MINIMALISIR BANJIR, PEMKOT DAN INDUSTRI NORMALISASI SUNGAI

CILEGON. Dalam rangka penanggulangan bencana banjir, Pemerintah Kota Cilegon bersama kalangan industri melakukan pantauan, normalisasi sejumlah lokasi rawan banjir di Kecamatan Ciwandan, Rabu (17/10). Kegiatan ini melibatkan 700 personel terdiri dari lapisan masyarakat, Dinas Kebersihan dan Pertanaman, PT.KS-Posco, PT KS, PT.PDSU, Kodim, Polsek dan KBS.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Walikot Cilegon H Edi Ariadi, Sekda Kota Cilegon H Abdul Hakim Lubis, Direktur SDM dan Umum PT KS Dadang Danusiri, jajaran Direksi PT KS-POsco, KBS, anggota DPRD asal Ciwandan, Kapolsek Ciw andan dan Danramil Ciwandan.
Wakil Walikota H.Edi Ariadi dalam kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi banjir yang kerap terjadi di wilayah ini. “Mengingat sebentar lagi musim hujan, jadi pra hujan kita perlu mengantisipasi wilayah yang rawan banjir salah satunya dengan melakukan gotong royong dan mobilisasi untuk normalisasi sungai, saluran-saluran, sampai ke kawanasan KS-Posco,” kata Edi.

Edi Mengakui ada 12 (dua belas) titik dari tiga saluran kali diwilayah Ciwandan yang menjadi penyebab terjadinya banjir, diantaranya kali Ciluwit, Cibuntu dan Penauan yang semuanya bermuara di KS.Posco. “Sekarang kita normalisasi dulu yang dihulu, nanti setelah ini baru KS.Posco yang selanjutnya membuat kanal-kanal air,” terang Edi. Tidak hanya melakukan pantauan dan normalisasi kali, dalam rangka mengantisipasi bencana banjir, Pemerintah Kota Cilegon bersama industri juga merencana akan membentuk satgas khusus untuk menanggulangi permasalahan banjir. “ Minimal satu gerakan 700 personil untuk menangani hal ini, sehingga bencana banjir yang dikhawatirkan masyarakat dapat teratasi,” jelasnya.

Senada dengan Wakil Walikota, Sekretaris Daerah Kota Cilegon H. Abdul Hakim Lubis mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah awal dalam rangka mengantisipasi bencana banjir. “Kedepan kita akan melakukan kegiatan ini secara periodik, namun tidak cukup dilakukan oleh pemerintah dan kalangan industri saja, peran serta masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam rangka menjaga lingkungannya masing-masing,” ungkap Lubis.

Sebagai upaya meminimalisir banjir, Pemerintah Kota Cilegon menurut lubis, juga berencana akan melakukan penertiban bangunan-bangunan yang berada di bantaran tanah milik negara dan menganggu saluran Air. “Saya harap masyarakat tidak menunggu pemerintah yang melakukan pembongkaran jangan sampai dibongkar paksa oleh petugas,”terangnya.
Sementara itu, salah satu anggota DPRD Kota Cilegon yang juga warga masyarkat Ciwandan, Sihabbudin saat dimintai komentarnya mengaku, kegiatan ini merupakan langkah nyata akan sebuah nilai kepedulian pemerintah terhadap masyarakat melalui penjagaan lingkungan. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ini langkah nyata dalam menjaga lingkungan. Sehingga masyarakat merasa terlindungi dari ancaman bencana banjir karena sebentar lagi musim hujan,” katanya.

Oleh karena itu Sihab menilai kegiatan ini adalah langkah positif yang dilakukan Pemerintah Kota Cilegon agar semua beban yang timbul menjadi tanggung jawab bersama. “Suksesnya pembangunan adalah tanggung jawab semua elemen masyarkat dalam hal apapun, sehingga ketika ada investasi yang masuk tidak terjadi kesenjangan dimasyarkat,” terang Sihab.

Terkait rencana pembentukan satgas khusus menanganan banjir, Dadang Danusiri Direktur Produksi PT KS mengatakan bahwa perlu adanya sebuah konsep dan perencanaan yang matang dalam pembentukan tim maupun satgas sebagai bagian penting dalam sebuah langkah, agar tepat sasaran.

“Setelah perencanaan yang matang barulah melakukan implementasi, karena masalah ini memerlukan koordinasi dan biaya yang cukup banyak, oleh karenanya perlu adanya skala prioritas. Meski demikian saya mengajak masyarakat untuk ikut peduli terhadap masalah ini, karena hal ini adalah tanggung jawab bersama,” terang Dadang seraya menyampaikan keoptimisannya jika masalah banjir diwilayah ini dapat teratasi apabila antara pemerintah, industri dan masyarakat mencari solusi bersama dan saling mendukung dalam masalah ini.

sumber dipostkan kembali oleh ensiklopebanten.wordpress.com

Postingan Terbaru Lain-nya :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: