Profile Novel Baswedan

Masih ingat kasus Cicak Versus Buaya, pada saat itu juga terjadi perseteruan antara KPK versus Polri pada 2009. Perseteruan yang berawal dari adanya penyadapan oleh KPK terhadap Kabareskrim Mabes Polri saat itu Komjen Polisi Susno Duadji terkait pencairan dana dari nasabah Bank Century, Boedi Sampoerna. Saat itu Susno Duadji menggoblok-goblokkan KPK yang dinilainya bodoh karena berani dengan Polri, khususnya dengan Kabareskrim. Padahal dia tidak bersalah. Dari sinilah muncul istilah Susno, “cicak” melawan “buaya,” yang kemudian sangat populer itu.
Saat ini rupanya kasus seperti itu akan berulang ketika KPK melakukan penyidikan dugaan kasus korupsi pengadaan Simulator SIM di Mabes Polri yang melibatkan para petinggi Polri salah satunya Irjen Pol Djoko Susilo. Dari sinilah awal munculnya kembali konflik dua institusi hukum di Indonesia, KPK dan POLRI.

Adalah Novel Baswedan Penyidik KPK asal Polri yang menyelidiki dugaan kasus Korupsi pengadaan Simulator SIM di Mabes Polri tersebut. Novel Baswedan adalah mantan anggota Polri berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kompol) yang menolak untuk ditarik kembali ke Polisi setelah ditetapkan menjadi pegawai KPK.

Novel Baswedan sudah mengabdi di KPK hampir 6 tahun, ia dikenal sebagai seorang yang pintar dan jenius, oleh karena itu banyak kasus-kasus besar diselidikinya. Novel juga merupakan salah satu penyidik penting di KPK. Kepribadian yaitu tegas dan low profil yang membuat banyak di segani oleh anak buahnya. Tidak heran pangkatnya terus naik hingga Komisaris Besar Polisi.

Novel Baswedan adalah sepupu dari Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan. Ia adalah pribadi yang sangat menyayangi sang ibu, hal itu terbukti ketika pada Jumat 5 Oktober 2012 sejumlah polisi mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi hendak menangkapnya, Novel mengabari sang kakak Taufik Baswedan lewat telepon. “Dia bilang, ”Tolong jaga Ibu,” kata Taufik.

Nama Novel Baswedan semakin meroket ketika dirinya yang mantan anggota Polri justru menjadi bagian tim penyidik kasus korupsi yang membelit Kepolisian. Hal ini membuat Polri melakukan tindakan menarik 20 Penyidiknya di KPK. Dari 20 orang penyidik Polri ternyata ada 5 penyidik yang menolak untuk kembali ke kepolisian dan meminta alih status menjadi pegawai KPK, salah satunya adalah Novel Baswedan.

Penolakan yang dilakukan Novel Baswedan untuk kembali ke Polri tak ayal membuat institusi penegak hukum ini mencari-cari kesalahan yang pernah dilakukan Novel semasa menjabat di Polri. Salah satunya adalah dugaan tindak pidana menembak pencuri sarang burung walet di Bengkulu 8 tahun yang lalu tepatnya tahun 2004. Saat itu Novel Baswedan menjabat sebagai Kasatserse Polda Bengkulu periode 1999–2005.

Menurut wakil ketua KPK, Bambang Widjanarko kasus ini telah dinyatakan selesai melalui pengadilan Kode Etik kepolisian. Tetapi janggalnya kasus itu dibuka kembali oleh Polisi dengan alasan bahwa korban pencuri melaporkan tindakan pidana yang diduga dilakukan pihak Novel Baswedan, padahal sebetulnya yang melakukan penembakan adalah anak buah Novel Baswedan.

Kalau kasus pidanan penembakan tersebut masih diselidiki mengapa Novel bisa naik pangkat menjadi Komisaris Besar Polisi (Kompol). Bukankah apabila tersandung kasus, sulit untuk naik pangkat apalagi dengan pangkat prestisius.

Novel masuk KPK pada Januari 2007, ketika lembaga ini dipimpin Taufiequrachman Ruki. Ia bukan termasuk lima penyidik yang dipaksa melapor ke Markas Besar Kepolisian RI paling telat Selasa pekan ini. Dalam surat penugasan yang dibuat Markas Besar Polri, masa dinasnya berakhir pada Desember. Bila masa dinasnya tak diperpanjang, ia semestinya balik kandang akhir tahun ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Gurindam M'Rana Merana karena dosa Karena dosa ku di neraka Merana dunia dan akhirat Karena mati belum tobat... fb.me/8hvJWbGGj 2 days ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: