NARSISME VS ITSAR

Saya hanya mengedit seperlunya pada tulisan ini. Tulisan ini adalah karya sahabat baik saya. Semoga bermanfaat…

Oleh Miratul Hayati

Modernisasi dan globalisasi telah menciptakan trend-trend kehidupan baru dalam seluruh aspek. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa gelombang kemajuannya terkadang telah melunturkan nilai-nilai agama dan moral yang mapan.

Narsisme adalah salah satu gejala gangguan moral bersikap, dimana manusia yang dihinggapi penyakit ini lebih mencintai kehidupan dunia dengan berlebihan (hubbud dunya), yang di mulai dari mencintai diri sendiri secara berlebihan.

Orang yang narsis bersikap egosentris, semua berpusat pada diri sendiri, suka menampilkan diri dimuka umum, tidak peduli dengan pandangan orang lain, mencintai atau menyukai apa yang ada pada diri secara berlebihan, merasa sangat penting, merasa dibutuhkan dan ingin terkenal, sangat suka dengan pujian tapi sensitif terhadap kritikan, dan suka menampilkan diri secara berlebihan.

Lebih jauh merasa dirinya adalah segalanya dan merasakan bahwa sesuatu yang benar-benar nyata hanyalah tubuhnya, kebutuhannya, perasaannya, pikirannya, kekayaannya, atau benda-benda serta orang-orang yang masih ada hubungan dengannya.

Pada gilirannya hampir tidak menyisakan ruang bagi orang lain, orang-orang yang tidak menjadi bagian darinya atau tidak dibutuhkan, dipandang sebelah mata bahkan tidak dipandang sama sekali, dianggap tidak ada hanya dipahami sebatas nalar. Hanya dirinya dan orang-orang yang ada hubungan dengannya-lah yang memiliki arti.

Hasilnya, sikap ini akan mencerabut rasa peduli dan rasa empati terhadap orang lain. Dan sungguh, hal ini sangat kontradiktif dengan ajaran Islam, yang mendidik kita untuk mengasah kepedulian sosial atau bersikap itsar, yaitu sikap terpuji untuk mementingkan kepentingan saudara seiman dalam masalah sosial.

Sehingga Allah mengancam orang yang berlaku narsis dan tidak berbuat itsar sebagai orang yang fasik. Di dalam Al-Qur’an dinyatakan, ”Katakanlah: “Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya”. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.” (QS. at-Taubah [9]: 24).

Dan memberikan pujian kepada yang berbuat itsar, ”Dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin) atas diri mereka sendiri. Sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu). Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran, mereka itulah orang yang beruntung.” (QS. al-Hasyr [59]: 9). Hidup dengan saling berbagi dalam meringankan kesulitan orang lain adalah salah satu bentuk langkah kongkrit dari sikap itsar.

Dengan menyadari segala hal yang kita miliki, harta kekayaan yang diusahakan, anak-anak yang dicintai, semuanya berasal dari Allah dan akan dikembalikan kepada-Nya, ”Orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.” (QS. al-Baqarah [2]: 46). Manusia hanya hamba yang faqir, Allah Maha Kaya, pemberi sumber kehidupan dan segala kenikmatan, jadi jika Allah ingin mencabut segala hal yang dicintai dan dimiliki, sungguh sangat mudah. Jadi, apalagi yang harus disombongkan dari diri ini?

Wallahu A’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: