MEMBERI KRITIK

Artikel ini tulisan sahabat dekat saya. Saya hanya mengedit seperlunya terhadap artikel ini. Semoga bermanfaat…

Oleh Miratul Hayati

Agama adalah nasehat, begitu Rasulullah SAW mengajarkan. Nasehat menasehati menuju kebenaran dan kebaikan harus menjadi bagian kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tidak bisa dipungkiri dalam berinteraksi dengan orang lain, banyak hal yang terjadi tapi sering tidak disadari bahkan tidak merasakan sedang berbuat kesalahan, maka disinilah letak pentingnya memberi nasehat atau kritikan dalam rangka perbaikan.

Nasehat merupakan kewajiban sesama Muslim, hanya saja hal ini jarang terjadi, karena pada umumnya, manusia tidak suka disalahkan apalagi kalau kritikan itu disampaikan kepadanya dengan cara yang tidak baik. Agar kritik diterima dan membekas di hati orang yang dikritik, maka perlu diperhatikan caranya.

Dalam penyampaiannya haruslah dengan cara rahasia, tidak boleh tidak, karena barangsiapa yang menasehati saudaranya dihadapan orang lain maka berarti dia telah mencelanya, dan barangsiapa yang menasehatinya secara rahasia maka dia telah memperbaikinya.

Imam Ibnu Hazm berkata, ”maka wajib atas seseorang untuk selalu memberi nasehat, baik yang diberi nasehat itu suka ataupun benci, tersinggung atau tidak tersinggung. Apabila memberi nasehat, maka nasehatilah secara rahasia, jangan dihadapan orang lain, dan cukup dengan memberi isyarat tanpa terus terang secara langsung, kecuali apabila orang yang dinasehati tidak memahami isyarat maka harus secara terus terang.”

Tidak dibenarkan menasehati orang lain dengan syarat nasehatnya harus diterima. Bersikap sabar jika kritik tidak diterima amatlah penting. Apabila melampaui adab-adab tadi, maka pengkritik termasuk orang yang dzalim.

Tidak dibolehkan memberi kritik dengan saling menghujat, memaparkan kejelekan masing-masing dan membuka aib saudara, karena Rasulullah SAW telah memperingatkan melalui hadis yang beliau sabdakan, ”Seorang Muslim itu adalah saudara bagi Muslim lainnya dan tidak boleh membiarkan saudaranya dizalimi. Siapa yang memenuhi keperluan saudaranya, Allah akan penuhi keperluannya. Siapa yang melepaskan dan meringankan kesulitan seorang Muslim, niscaya Allah akan melepaskan kesulitannya di hari kiamat, siapa yang menutupi aib seorang Muslim, niscaya Allah akan menutup aibnya di akhirat.” (HR. Bukhari Muslim)
Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan ungkapan yang baik dan hikmah, ”Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.” (QS. an-Nahl [16]: 125).

Sesungguhnya menyampaikan dengan penuh perhatian, cara yang baik dan bijaksana kepada saudaranya sesama Muslim adalah kritik yang membangun, lebih membekas pengaruhnya di hati dan lebih besar kemungkinannya untuk diterima dibandingkan menyampaikan dengan maksud mencelanya.

Nasehat atau kritikan apabila dilaksanakan seperti itu akan melanggengkan kasih sayang, dan menimbulkan terealisasinya ukhuwah islamiyah dan ukhuwah insaniyah.

Wallahu A’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Fiksi Mini: "Yuk" Suami: "Mah, yuk!" Istri: "Yuk." TAMAT 😅 1 hour ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: