SEKDA KAB.LEBAK DIMINTA JAGA NETRALITAS

RANGKASBITUNG,(KB).-Sejumlah bakal calon bupati dari jalur independen meminta aparatur pemerintah (PNS) patut menjaga netralitas dan jangan sampai masuk politik praktis. Sekali saja terjadi ada ketidak netralan PNS, dikhawatirkan dapat merusak tatanan demokrasi pada Pemilukada 2013.

“PNS sebagai kaum intelek, kaum birokrat tentu paham terhadap aturan serta janji dan sumpah PNS. Karenanya kami minta Sekda Lebak menjaga netralitas menghadapi hajat demokrasi rakyat pada Pemilukada Lebak 2013,”tutur Akhmad Jajuli, salah seorang balonbup yang mengaku siap maju lewat jalur independen.

Menurut pria asal kelahiran wilayah Cilangkahan, peranan PNS sebagai abdi negara dan abdi masyarakat harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam mengawal proses pemilukada secara sehat dan berpegang teguh pada sisi netralitas. Oleh karenanya, Jajuli menilai para pejabat pemerintah yang berada di bawah kendali sekda harus tetap berdiri dikoridor netral.

“Saya mengajak para pihak agar bersama-sama mengawal proses pemilukada secara bersih tanpa ada bentuk pengerahan mobilisasi masa birokrat. Pengerahan mobilisasi masa birokrat dapat menodai iklim pemilukada menjadi tidak kondusif dan banyak celah pelanggaran,” katanya.

Dibagian lain, Jajuli meminta birokrat agar menahan sahwatnya jangan ikut-ikutan mengkanter sebuah opini politik.Opini politik yang disampaikan para balonbup itu bagian dari sebuah kewajiban mengeluarkan pendapat demi melahirkan sebuah kebenaran kepada masyarakat.

Jajuli menilai pernyataan sekda menyikapi situasi politik menjelang pemilukada sangatlah tidak relevan.
“Peran sekda seharusnya lebih konsen menjalankan sistem pemerintahan dengan mengedepankan sisi pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat. Sebaliknya jangan ikut-ikutan mengamati sebuah persoalan politik. Persoalan politik disampaikan para balonbup itu sebuah hak mengeluarkan dan menyatakan pendapat demi melahirkan sebuah kebenaran.

Jajuli juga meminta PNS atau pejabat jangan sampai ikut-ikutan turut serta rombongan salah satu balonbup.

“Tugas PNS bukan ikut rombongan balonbup, melainkan harus bekerja demi memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,”tegas Jajuli.

Wabup dikucilkan
Sementara itu, sejumlah juru bicara balon bupati, Amir Hamzah menyatakan setiap melakukan kunjungan kerja ke kecamatan orang nomor dua di Lebak selalu didampingi rombongan warga sebagai simpatisan dan pendukungnya. Hal ini terjadi karena ruang gerak Amir selalu mendapat hambatan ketika kunjungan ke kecamatan tidak pernah ada camat mendampinginya.

“Ya, jujur saja, jangankan mendampingi untuk bertemu wakil bupati saja, para camat seperti ketakutan. Macam-macam, ada yang takut dimutasi , ada juga takut diberi sanksi ketika berdekatan dengan Amir,”tegas E.Lukman Hakim kepada wartawan di kediaman Amir, Selasa (28/8).

Menurut Lukman, ada beberapa wilayah kecamatan yang terkesan enggan kedatangan oleh wakil bupati, karena camatnya tidak mau mendampingi dan tidak mau merespon kunjungan Amir. Namun demikian kondisi seperti itu tidak membuat Amir putus asa, karena masih banyak simpatisan yang selalu ikut mendampingi Amir pada acara kunjungan tersebut.

“Sebetulnya, Amir kunjungan ke kecamatan membawa program dan bukan konteks kampanye. Tetapi asumsinya pejabat mengategorikan Amir melakukan sosialisasi. Sekali lagi, Amir datang ke kecamatan karena menyosialisasikan program kerja dan sama sekali tidak kampanye karena tahapan pemilukada masih jauh,”katanya.

Warga yang ikut kunjungan biasanya yang setiap hari silaturahim ke rumah Amir. Setiap hari banyak warga dan tokoh masyarakat datang ke rumah Amir di Kapugeran karena memberikan dukungan moril dan silaturahim.

Sementara itu, Amir membenarkan jika selama ini dirinya selalu mendapat hambatan ketika kunjungan kerja ke kecamatan. “Ada camat yang selalu tidak memberikan ruang gerak kepada saya ketika saya kunjungan ke kecamatan. Kadang-kadang camat itu tidak memberikan kesempatan dan camat enggan menemui saya,”katanya. (H-20)***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Fiksi Mini: "Yuk" Suami: "Mah, yuk!" Istri: "Yuk." TAMAT 😅 1 hour ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: