MEMURNIKAN IMAN

Oleh Rian Hidayat Abi El-Bantany

Belakangan ini terdengar berita hebohnya tentang hari kiamat yang akan terjadi pada 2012. Sebagai Muslim, bagaimana kita menyikapi hal ini? Dan jawabannya, hadzaa yadhurrul ‘aqiidah, aqidah umat akan terkontaminasi karena percaya ramalan ini.

Bukankah Allah SWT bersifat qudroh dan irodah. Apa yang Allah SWT inginkan terjadi, pasti terjadi meskipun makhluk tidak menginginkannya. Keyakinan kiamat akan terjadi pada 2012 adalah keyakinan bathil. Na’udzu billah. Bahkan bisa menyebabkan kufur.

Perlu kita fahami bahwa sesungguhnya datangnya kita ke paranormal dan semacamnya, lantas bertanya lalu mempercayainya, itu berarti kafir. Intabih hadzihi dholaalatusy-syaithoon. Qudroh Allah SWT di atas segalanya. Qudroh Allah tidak terikat oleh qoul (perkataan) siapapun. Qudroh Allah tidak terikat oleh pengetahuan makhluk manapun. Bukankah makhluk saja memiliki pengetahuan dari Allah?

Kufur itu mashdar, isim failnya ’kafir’, dan yang tertulis dihadis nabi adalah, ’faqod kafaro’ dengan fiil madhi. Kafir ada empat macam. Pertama, kafir dengan keberadaan Allah (atheis). Kedua, kafir dengan keesaan Allah (politeisme=musyrik). Ketiga, kafir dengan syariat Nabi Muhammad SAW, (yahudi dan nashroni). Keempat, kafir dengan nikmat Allah (fasiq). Dan percaya ramalan termasuk kategori yang ketiga dan sekaligus yang keempat.

Kalau kita tidak mempercayainya, lantas bagaimana dengan ramalan paranormal yang kerapkali betul? Misalnya, ada seorang peramal meramalkan bahwa tahun 2009 akan banyak terjadi gempa di Sumatera Barat, dan itu memang terjadi. Lantas, bagaimana kita memahaminya?

Kita illustrasikan begini, seorang guru memberitahukan sesuatu kepada seorang muridnya, misal ketua kelasnya, bahwa ujian harian akan dilaksanakan pada hari rabu depan. Kemudian ketua kelas ini menyebarkan berita ini. Padahal kata sang guru harus dirahasiakan. Maka diantara murid-murid ada yang merasa santai karena hari ujian masih lama. Padahal kalau sang guru mau melangsungkan ujian lebih cepat juga bisa. Walaupun dia mengatakan ujiannya hari rabu. Jelas bisa. Karena sang gurulah yang memegang kendali kegiatan belajar mengajar di kelasnya.

Dan Allah ‘Azza Wa Jalla jauh Maha Kuasa (Qudroh) dan Maha Berkehendak (Irodah) dari semua itu, Nabi Muhammad SAW saja tidak pernah mengatakan kalau beliau tahu kapan datangnya kiamat. Beliau hanya menceritakan tanda-tandanya saja. Mengenai kiamat sudah dekat, bahkan makin dekat, itu betul. Karena tidak mungkin kiamat itu menjauh.

Suatu ketika Rasulullah naik mimbar untuk berkhutbah di hadapan para sahabat. Para sahabat melihat beliau memerah matanya seperti sedang marah, suaranya lantang, beliau bersabda: Bu’itstu ana wa yawmul qiyamah kahaataini. Jarak antara diutusnya aku (sebagai nabi dan rasul) dan hari kiamat seperti ini. (Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya). Dekat sekali. Kiamat sudah dekat. Namun beliau juga menghibur kita, Laa taquumussaa’ah hattaa laa yuqool fil ardhi Allah… Allah.. “Hari kiamat tidak akan terjadi selama di muka bumi ini masih ada yang menyebut nama Allah… Allah…” (HR. Muslim).

Wallahu A’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: