ISLAM MENGHARGAI KEMAJEMUKAN

KOTA SERANG – Gubernur Banten-Hj.Ratu Atut Chosiyah, Kamis (9/8), mengikuti peringatan Nuzulul Qur’an 1433H tingkat Provinsi Banten di Halaman Masjid Raya Al-Bantani, KP3B, Kota Serang.

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan bahwa sudah sepatutnya umat Islam, khususnya di jajaran aparatur pemerintah daerah dan masyarakat Banten menjadikan Nuzulul Qur’an dan bulan suci Ramadhan sebagai wahana untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan Al Qur’an sehingga nilai-nilainya akan senantiasa menjadi acuan atau menjadi dasar pijakan dalam berpikir, bersikap dan bertindak dalam kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Peringatan Nuzulul Qur’an ini harus menjadi wahana untuk menggali dan menumbuhkembangkan potensi kemanusiaan hakiki yang cenderung kepada kebaikan dan kebenaran (hanif), sehingga akan melahirkan pribadi yang memiliki akhlak terpuji (akhlakul karimah), jujur, sabar, disiplin dan memiliki etos kerja tinggi yang dapat memacu proses percepatan pembangunan di Provinsi Banten, agar mencapai keberhasilan sebagaimana yang diharapkan, baik secara material maupun spiritual. Hal tersebut hanya dapat dicapai apabila kita senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas melalui membaca dan mengkaji Al Qur’an dan mengaktualisasikan seluruh tata nilai yang terkandung di dalamnya pada kehidupan sehari-hari.

“Saya juga sangat mengharapkan agar momentum Nuzulul Qur’an dan Ramadhan ini memberikan spirit bagi kita untuk menunjukkan eksistensi Islam sebagai agama yang memberi rahmat bagi alam semesta (rahmatan lil ‘alamin)” ungkap Gubernur.

Akan Lanjutkan Cetak Qur’an Al Bantani

Mengenai keinginan Pemerintah Provinsi Banten untuk meneruskan cetak Al Quran Mushaf Al Bantani sebagai Al Qur’an kebanggaan masyarakat Banten, Pemerintah Provinsi Banten melalui pernyataan Gubernur masih akan diteruskan. Pada kesempatan tahun ini rencana cetak akan dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banten namun MUI telah mengusulkan ke Gubernur agar kegiatan cetak itu seyogyanya dan idealnya berada di Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Banten.

“Pada kesempatan tahun ini melalui anggaran perubahan, saya berharap kegiatan cetak Al Qur’an Mushaf Al Bantani yang menjadi kebanggaan masyarakat Banten akan dipindahkan ke LPTQ Banten sehingga kegiatan melanjutkan cetak Al Qur’an Mushaf Al Bantani masih akan diteruskan” ujar Gubernur.

Islam Menghargai Kemajemukan

KH.Masdar F.Mas’udi selaku penceramah yang juga merupakan Dewan Suriah PBNU Pusat dalam tausiyah Nuzulul Qur’an menyampaikan Islam sesungguhnya merupakan agama yang menjunjung tinggi nilai kasih sayang (rahman dan rahim), persaudaraan (ukhuwah), perdamaian, toleransi dan menghargai perbedaan tanpa harus mengorbankan prinsip dasar keimanannya (aqidah).

Ajaran Islam menghargai kemajemukan sebagai sebuah realitas empiris yang tidak dapat dihindarkan, sebagaimana digambarkan dalam Al Qur’an Surat Al Hujuraat ayat 13 yang memberikan gambaran bahwa Allah SWT menciptakan manusia dengan berbagai perbedaan, baik jenis kelamin, suku, bangsa dan berbagai perbedaan lainnya untuk saling mengenal dan melengkapi, sedangkan indikator kemuliaan manusia di sisi Allah SWT adalah pada derajat ketaqwaannya.

Oleh karena itu, kemajemukan harus sungguh-sungguh disikapi secara wajar dan proporsional, bukan disikapi dengan fanatisme semu dan radikalisme yang mengarah pada pemaksaan, konfrontatif dan permusuhan yang bersifat destruktif.

Dalam konteks tersebut, menjadi kewajiban kita untuk senantiasa melakukan seruan ke arah keimanan dan kebaikan dengan menggunakan metode dakwah yang menekankan pada hikmah (kebijaksanaan), mauidhotul hasanah (pelajaran yang baik) dan keteladanan (uswah), sebagaimana tergambar dalam Al Qur’an surat An Nahl ayat 125 yang artinya serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah dengan cara yang baik, sesungguhnya Tuhanmu dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dia-lah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.

“Kita tentunya menyadari bahwa kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk, termasuk di Provinsi Banten, tidak selamanya melahirkan kehidupan yang harmonis dan indah, namun tidak jarang menimbulkan gesekan yang berpotensi memicu terjadinya konflik, meskipun konflik bernuansa keagamaan tersebut muncul dilatarbelakangi oleh kepentingan sosial, ekonomi, politik maupun berbagai kepentingan lainnya yang diperbesar eskalasinya dengan membawa sentimen keagamaan. Umat Islam di Indonesia, khususnya di Provinsi Banten, selama ini sesungguhnya telah menjadi perekat persatuan dan kesatuan, sehingga negara dan bangsa Indonesia tetap eksis dan berkembang hingga saat ini” ungkap KH.Masdar.

Pada peringatan Nuzulul Qur’an ini juga turut dihadiri Wakil Gubernur Banten-H.Rano Karno, Ketua DPRD Provinsi Banten, Danrem 064/MY, Danlanud Gorda, Wakapolda Banten, Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten, dan sejumlah Kepala SKPD Provinsi Banten.

Usai acara mengikuti kegiatan Nuzulul Qur’an tingkat Provinsi Banten di Masjid Raya Al Bantani, Gubernur melanjutkan menghadiri peringatan Nuzulul Qur’an dan buka bersama di Mapolda Banten.

Sumber: HumasProtokolBanten Dipostkan kembali oleh ensiklopebanten.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Gurindam M'Rana Merana karena dosa Karena dosa ku di neraka Merana dunia dan akhirat Karena mati belum tobat... fb.me/8hvJWbGGj 2 days ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: