KEBAIKAN KOLEKTIF

Oleh Miratul Hayati
Manusia adalah makhluk sosial, realitas hidup bermasyarakat dan berinteraksi dalam perkara-perkara mu’amalah. Manusia tidak akan bisa hidup sendiri tanpa kehadiran manusia lainnya. Struktur masyarakat tidak akan berdiri kokoh tanpa susunan yang solid atau beranggota masyarakat yang individualistis.

Ali bin Abi Thalib RA menyatakan, ”Kebaikan yang tidak terorganisir akan mudah terkalahkah oleh kejahatan yang terorganisir dengan rapi”. Ucapan beliau menyiratkan bahwa, segala sesuatu butuh kekuatan solid, termasuk dalam amal kebaikan, pun harus dilakukan secara kolektif.
”Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berjuang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.” (QS. Ash-Shaff [61]: 4).

Dalam hadis disebutkan, ”Pertolongan Allah atas jama’ah, maka apabila ada seorang yang menyingkir dari kelompoknya, ia akan disambar oleh setan sebagaimana serigala menyambar kambing.” (HR. Imam Thabrani).

Dewasa ini, banyak orang hebat dan berpotensi besar, tapi kehebatan itu hanya tersimpan dan tidak terberdayakan. Persis seperti daun-daun yang berhamburan, tidak menggantung di pohonnya. Potensi-potensi yang terpencar itu harus disatukan, agar kehebatan dan potensi mereka memiliki daya gebrak yang hebat, agar kekuatan orang shaleh, orang hebat, orang berpotensi berpadu dengan kekuatan saudaranya yang sama shalihnya, sama hebatnya dan sama potensialnya.

Dalam firman Allah yang lain: “Dan berpegang teguhlah kalian pada tali agama Allah dan janganlah kalian bercerai berai”, Allah menyebutkan perintah ini dalam bentuk jamak. Dan dalam ayat yang lain, “Dan tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan ketaqwaan kepada Allah,” juga dalam firman Allah, “Dan hendaklah ada diantara kalian segolongan ummat yang menyeru kepada kebaikan.” Dalam ayat ini, lafadz ’ummah’ datang dalam bentuk jamak sebagaimana firman Allah, ”Kuntum khaira ummah ukhrijat linnasi ta’muruna bil ma’ruf watanhawuna anil munkar”.

Dan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Nu’man, Nabi SAW bersabda, “Perumpamaan orang mu’min yang satu dengan mu’min yang lain di dalam berkasih sayang dan saling mencintai karena Allah adalah seperti satu tubuh, jika satu anggota dari bagian tubuh itu yang sakit, maka akan merasakan sakit anggota tubuh yang lain”.

Secara logika matematis, mengangkat batu besar lagi berat bersama-sama dengan gotong royong, akan terasa lebih ringan jika dibandingkan mengangkatnya seorang diri. Disinilah letak pentingnya berbuat kebaikan secara kolektif dalam rangka menyelesaikan permasalahan-permasalahan hidup yang dihadapi.

Dengan kebajikan kolektif, problema masyarakat akan mudah terselesaikan, seperti masalah kemiskinan yang masih menjadi polemik negara kita. Dengan menggiatkan arti penting kerjasama akan semakin mengokohkan persaudaraan dan kekuatan suatu bangsa.
Wallahu A’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Gurindam M'Rana Merana karena dosa Karena dosa ku di neraka Merana dunia dan akhirat Karena mati belum tobat... fb.me/8hvJWbGGj 2 days ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: