Ridha Dengan Takdir Allah

Oleh: Rian Hidayat Abi El-Bantany

Banyak sekali orang yang mengeluh karena diliputi rasa cemas. Cemas akan masa depan, cemas menghadapi hari esok, cemas karena musibah, cemas atas rizki dan sebagainya. Sumber kecemasan dan permasalahan yang dihadapi adalah beberapa hal yang tidak ada penyelesaiannya. Hal-hal itu sudah menjadi takdir dari Allah yang tidak dapat ditolak.
Islam sebagai agama yang suci telah mengarahkan agar kita senantiasa sabar ketika menghadapi musibah, ridha dengan ketentuan Allah dan tidak merasa khawatir ketika musibah itu terjadi. Allah SWT berfirman:

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al-Baqarah [02]: 155-157)

Sosok Muslim yang benar adalah sosok yang mampu menanggung musibah-musibah yang dialaminya dengan hati yang tangguh, keyakinan yang mendalam, kesabaran yang baik, dan ridha dengan takdir Allah, niscaya kita akan mendapatkan keberkahan yang sempurana dan rahmat dari Allah SWT.

Ridha terhadap semua takdir Allah SWT adalah jalan yang baik. Orang yang beriman, tentu mengetahui bahwa takdir-Nya akan menjadi kebaikan baginya, baik di dunia maupun di akhirat. Sekalipun secara lahiriah, takdir itu nampak seperti musibah yang besar, namun hal itu akan menjadi sebuah kebaikan baginya. Allah SWT tentu tidak menghendaki keburukan bagi hamba-Nya, tetapi menghendaki kebaikan bagi setiap hamba-Nya.

Rasul SAW bersabda: “Alangkah mengagumkan keadaan orang mukmin, karena semua urusannya itu baik baginya. Bila ia ditimpa kebahagiaan, ia bersyukur dan itu menjadi kebaikan baginya. Bila ia ditimpa kesusahan, ia bersabar dan itu menjadi kebaikan pula baginya.” (HR. Muslim).

Tidak ikhlas dengan takdir Allah SWT adalah sebuah kebodohan dan tindakan menyiksa diri. Janganlah kita menyiksa diri, misalnya dengan mengatakan kepada diri sendiri, “seandainya aku tidak melakukan ini, niscaya tidak akan begini.” Hal itu hanya akan membuat kita merasa kecewa dan menyesali apa yang sudah terjadi.

Rasul SAW bersabda: “Janganlah kamu mengatakan, ‘seandainya aku mengerjakan ini, niscaya begini dan begitu,’ akan tetapi katakanlah, ‘semua itu telah menjadi takdir Allah dan apa yang Allah kehendaki itu pasti terjadi’. Sesungguhnya kata ‘seandainya’ akan membuka pintu perbuatan setan.” (HR. Muslim).

Demikianlah, takdir Allah pasti terjadi. Jika kita menerimanya dan sabar atasnya, lalu memuji-Nya dan mengembalikan segala sesuatunya hanya kepada Allah, maka kita termasuk golongan yang menang dan selamat. Amin.
Wallahu A’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Gurindam M'Rana Merana karena dosa Karena dosa ku di neraka Merana dunia dan akhirat Karena mati belum tobat... fb.me/8hvJWbGGj 2 days ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: