The Power of Sabar

Oleh: Rian Hidayat Abi El-Bantany

Saat harapan tidak selalu menjadi kenyataan, bersabarlah. Saat musibah melanda, bersabarlah. Karena ada surprice dari Allah SWT bagi orang orang yang sabar. Surprice besar itu tertuang dalam firman Allah SWT, “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (Q.S. Az-Zumar [39]: 10)

Selain itu, ternyata kesabaran itu adalah bagian dari jihad fisabilillah. Alangkah indahnya jihad kesabaran di jalan Allah, karena mereka dijanjikan pahala berlimpah ruah, karena amal perbuatan mereka yang begitu indah.

Sabar adalah kunci yang membuka segala pintu persoalan dunia yang tertutup rapat. Sabar adalah sebuah pelita yang menerangi jalan hidup, jika sinar matahati tiada dan jalan gelap gulita. Rasulullah saw menjelaskan dalam haditsnya, “sabar adalah pelindung dari kesedihan, dan penolong atas musibah (yang menimpanya).”

Sebagai Muslim yang taat, mestinya kita menanamkan keyakinan bahwa ketika kesedihan melanda, maka kebahagiaan akan segera tiba. Bila musibah tiba, maka kesentosaan kelak akan menyambutnya. Dan ketika gelap malam semakin menyekat, maka akan segera datang terang fajar yang membawa sinar harapan yang memikat. Selain itu, kita juga menghiasi diri dengan sifat husnudhan kepada Allah, artinya, kita selalu berprasangka baik atas setiap ketetapan Allah. Meyakini bahwa itu yang terbaik untuk kita menurut pandangan Allah SWT, meski dalam pandangan manusia hal itu kurang baik.

Nabi-nabi Allah adalah manusia pilihan yang telah mencontohkan kesabaran dalam hidupnya. Nabi Yunus a.s ditelan ikan paus, Nabi Yusuf a.s dibuang ke dalam sumur dan menjadi budak, Nabi Muhammad SAW, dilempari penduduk Thaif, dan sebagainya. Mereka adalah teladan kita, termasuk apa yang telah mereka contohkan ketika menghadapi musibah dengan sikap sabar, karena pada akhirnya, mereka mendapatkan buah dan pahala yang agung, yaitu rahmat dan hidayah Allah SWT.
Allah SWT berfirman, “Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (Q.S. Al-Baqarah [02]:157)

Sabar akan meneguhkan kemantapan hati atas kebenaran, juga akan menguatkan langkah kaki manusia dalam kehidupan, kesabaran menjadi kunci dan solusi atas setiap permasalahan, sebagaimana yang tertuang dalam firman Allah SWT, “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q.S Al-Baqarah [02]:153)

Ingat pula nasihat seorang sufi bernama Abdullah bin Mubarak, “musibah itu hanya satu penderitaan. Tapi jika mengeluh maka menjadi dua. Satu penderitaan karena musibah, satu penderitaan hilangnya pahala atas musibah yang ia terima.”

Terbuktilah, apa yang menurut orang-orang tidak baik dan merupakan musibah, ternyata kelak Allah tunjukan hikmahnya. Begitulah, jika orang bersabar, insya Allah hikmah datangnya musibah akan ditampakan di hadapan kita, dan akhirnya kita akan tersenyum bergumam, “Allah memang Maha Tahu apa yang terbaik untuk kita.” Demikianlah, semoga kita bisa bersikap sabar dalam menghadapi ujian Allah dengan kesabaran tingkat tinggi.

Wallahu Allah.

KASIH KOMENTAR SAHABAT UNTUK ARTIKEL INI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Fiksi Mini: "Yuk" Suami: "Mah, yuk!" Istri: "Yuk." TAMAT 😅 1 hour ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: