Tangsel Gratiskan Biaya Pengobatan di Puskesmas

TANGERANGNEWS—Ada kabar gembira bagi masyarakat di Kota Tangerang Selatan. Jika tidak ada aral melintang, mulai 1 Agustus 2012 nanti, Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan menggratiskan biaya pengobatan di setiap Puskesmas yang ada.

Saat ini, Pemkot Tangerang Selatan masih menunggu persetujuan dari DPRD Kota Tangerang Selatan yang masih membahas tentang rencana itu. Yang menarik, jika itu disahkan penggratisan biaya tidak hanya dikhususkan untuk warga tidak mampu, tapi untuk semua warga masyarakat yang berdomisili di Kota Tangerang Selatan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangsel drg. Hj. Ida Lidia mengatakan, rencana penggratisan biaya pengobatan di Puskesmas sudah diajukan ke DPRD Kota Tangsel untuk dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2012. Jika usulan itu disahkan oleh DPRD, maka penggratisan biaya tersebut akan mulai diterapkan pada 1 Agustus 2012.

“Karena belum disahkan, kita belum berani melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Nanti, jika sudah ketok palu di DPRD, baru kita bergerak,” kata Ida yang ditemui http://www.tangerangnews.com, baru-baru ini.

Lantaran belum ada pengesahan itu pula, Dinkes, kata Ida belum berani memutuskan item biaya apa saja yang akan digratiskan. Apakah hanya sekadar retribusi pendaftaran, pengobatan preventif, atau semua biaya yang timbul pada saat berobat di Puskesmas. Semuanya itu nanti baru akan diketahui pasca pengesahan dari DPRD.

“Nanti akan dibuat semacam Peraturan Walikota (Perwal, red) yang mengatur biaya apa saja yang akan digratiskan,” terang Ida.

Dia memaparkan, dari hasil pantauan di Puseksmas, biaya yang timbul pada saat pasien berobat tidaklah sama. Misalnya saja untuk biaya pengobatan penyakit yang menggunakan dokter spesialis, tentu biayanya berbeda dengan yang hanya sekadar berobat preventif. Terlebih lagi, jika pengobatan itu kategori perawatan rawat inap, maka kemungkinan akan memerlukan biaya yang lebih besar.

“Contoh sederhanya orang yang berobat gigi. Kemungkinan ada proses pengobatan yang dilanjutkan dengan cabut gigi atau tambal. Ini kan biayanya berbeda dengan yang hanya berobat batuk atau pilek. Nah, nanti dalam Perwal akan diputuskan item yang mana saja yang digratiskan dalam pengobatan di Puskesmas,” urai Ida.

Tambah Puskesmas

Sementara itu, jumlah Puskesmas di Kota Tangsel semakin hari terus bertambah. Jika pada tahun 2010, Tangsel hanya memiliki 10 buah Puskesmas, pada tahun 2011 bertambah menjadi 25 buah. Sedangkan pada tahun 2012, kendati jumlahnya masih sama 25 unit, namun ada tiga unit yang akan dilakukan rehabilitasi.

Selain melakukan rehabilitasi, di tahun 2012 ini, Pemkot Tangsel juga akan meningkatkan status tiga Puskesmas menjadi Puskesmas perawatan. Tercatat pada tahun 2011, dari 25 Puskesmas yang ada, baru 18 Pusekesmas yang termasuk Puskesmas perawatan. Dengan demikian, jika tahun ini tiga Puskesmas mengalami peningkatan status, maka semuanya ada 21 Puskesmas yang sudah kategori Pusekesmas perawatan.

“Jadi tinggal empat lagi yang statusnya belum Puskesmas perawatan. Insya Allah di tahun-tahun mendatang akan kita tingkatkan,” imbuh Ida.

Di samping penambahan Puskesmas, untuk meningkatkan derajat kesehatan di Kota Tangsel, Dinkes juga menambah Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Rencananya ada 26 Posyandu yang dibangun pada tahun ini. Kemudian, Dinas Kesehatan juga melengkapi dengan layanan mobil Puskesmas keliling dan mantri keliling (manling) berupa 54 sepeda motor. Baik mobil puskesmas keliling dan mantri keliling ini ditujukan untuk masyarakat yang kurang terjangkau oleh pelayanan Puskesmas.

“Pada prinsipnya semua akan kita lakukan agar kesehatan di masyarakat terus meningkat,” tandas Ida.

Dukungan Legislatif

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Tangsel, Sugeng Santoso membenarkan tentang rencana penggratisan biaya di Puskesmas. Bahkan kata dia, DPRD sangat mendukung rencana itu. Perihal dukungan itu ia ungkapkan saat menerima kunjungan anggota Komisis B DPRD Kota Bogor, belum lama ini.

“Betul, sedang kita bahas. Mudah-mudahan pada 1 Agustus nanti, RAPBD-P sudah kita sahkan,” kata Sugeng.

Untuk tahap awal, kata Sugeng biaya yang akan digratiskan adalah pembebasan biaya retribusi sebesar Rp 3.000 yang harus dibayar masyarakat pada saat mendaftar berobat ke Puskesmas. Namun untuk jangka panjang, tidak tertutup kemungkinan, biaya-biaya lainnya juga akan digratiskan. Tentu saja, hal itu akan dilakukan sembari menunggu hasil evaluasi dari kebijakan penggratisan biaya retribusi.

“Nanti kita lihat saja. Karena nanti Bu Walikota akan membuat Perwalnya,” kata dia. (FAW)

Sumber: [tangerangnews] Dipostkan kembali oleh sensiklopebanten.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Gurindam M'Rana Merana karena dosa Karena dosa ku di neraka Merana dunia dan akhirat Karena mati belum tobat... fb.me/8hvJWbGGj 2 days ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: