BUDIDAYA JAMUR TIRAM PROSPEK CERAH MASYARAKAT PANDEGLANG

Jamur tiram(Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.

Selain kelezatannya, Jamur tiram juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain kandungan gizinya yang tinggi dengan berbagai macam asam amino esensial yang terkandung di dalamnya, jamur tiram juga mengandung senyawa-senyawa lainnya yang penting bagi aspek medis. Seperti kita ketahui pada masyarakat Jepang dan Cina, menu makanan yang terbuat dari jamur sudah menjadi menu yang turun temurun karena mengetahui khasiatnya yang sangat baik bagi tubuh. Di Indonesia, konsumsi jamur tiram dari tahun ke tahun diketahui semakin meningkat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan produk pangan yang sehat dan terjangkau.

Melihat prospek yang begitu menjanjikan, seorang warga Cadasari yang juga sebagai seorang Pensiunan TNI bapak Iding Suhendi (59 tahun) tergerak untuk membudidayakan jamur di tempatnya. Pada tahun 2005 Iding berangkat ke Cipanas Bogor untuk mengikuti Pelatihan Budidaya Jamur Tiram yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Dengan bekal ilmu yang diperolehnya selama pelatihan, Iding mulai menerapkan keterampilannya untuk membudidayakan jamur tiram di tempat tinggalnya.

Dalam kenyataannya, Iding tidak langsung berhasil dalam pembudidayaan ini, berbagai rintangan dan kegagalan tidak membuat bapak 6 anak ini patah semangat, bahkan dia terus terpacu untuk terus mencoba dan berusaha.

Berkat kesabaran dan kegigihannya serta doa yang selalu ia panjatkan, akhirnya ia berhasil membudidayakan Jamur Tiram yang kualitasnya bahkan lebih baik di banding daerah lain. Tidak hanya sampai disitu, bahkan iding pun berhasil membuat Bibit Jamur Tiram dengan kualitas bagus. Bibit yang dihasilkan oleh pa Iding pernah mendapat predikat Juara III Lomba Kualitas Bibit Jamur Tiram Tingkat Nasional.

Dari segi pemasaran, Pa Iding mengakui tidak kesulitan karena banyaknya permintaan dari pasar-pasar sekitar Wilayah Pandeglang, “Apalagi sekarang banyak sekali permintaan akan tepung jamur tiram dari luar negeri, permintaanya bisa mencapai ribuan kilo dalam sebulan”, ungkapnya. Dengan keberhasilan ini, ia lalu mencoba berbagi kepada masyarakat sekitarnya, sehingga pada tahun 2007 ia membentuk Kelompok Petani Jamur Tiram “Vina Sari” di rumah tinggalnya yang beralamat di Jl. Raya Serang KM 5 Kampung Pasir RT 02/02 Desa/Kecamatan Cadasari Kabupaten Pandeglang. Sampai sekarang dia mengaku telah memiliki sekitar 245 binaan yang tersebar dari Wilayah Cadasari sampai ke Daerah Selatan Pandeglang, sebuah prestasi yang sangat membanggakan.

Di rumah produksinya ini, pa iding tidak hanya mampu memproduksi Jamur Tiram dan Bibitnya saja melainkan juga sudah memproduksi berbagai kebutuhan dalam pengolahan jamur, seperti Tabung Reaksi, Penangkaran Bibit, Pembibitan ke Log, Peralatan Budidaya Jamur, sampai hasil jamur olahan seperti Dodol Jamur, Kripik Jamur, Sate Jamur dan lain-lain. Ia juga bersedia menerima siapapun yang mau belajar untuk mengembangkan Budidaya Jamur ini.

Ketika ditanya mengenai keuntungan yang diperolehnya, bapak yang rendah hati ini mengatakan, “Alhamdulilah saya bisa menyekolahkan anak-anak saya sampai ke Perguruan Tinggi, dan sisanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari”, katanya sambil tersenyum.

Namun dibalik itu, masih terlihat ganjalan di benak pa iding. Ia menuturkan bahwa budidaya jamur tiram ini belum dapat dikembangkan secara maksimal karena keterbatasan modal, “Saya berharap bisa mendapatkan pembinaan yang lebih intens dari Pemerintah. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan bisa lebih meningkatkan baik secara kualitas dan kuantitasnya”, tambahnya.

Dari cerita pa iding tersebut, mudah-mudahan bisa memberi inspirasi bagi semua masyarakat khususnya masyarakat Pandeglang untuk terus berjuang dan berusaha meningkatkan perekonomian. Banyak hikmah yang bisa diambil dari cerita pa iding tersebut, salah satunya teruslah berusaha walaupun kegagalan kerap menghampiri. Keberhasilan tersebut bukanlah tanpa suatu proses, melainkan melalui perjalanan yang berliku dan terjal. Dan Budidaya Jamur Tiram memberikan peluang yang besar bagi kita untuk mencobanya, karena pangsa pasarnya bukan hanya di Indonesia tapi juga mancanegara. Dan kedepan mudah-mudahan Budidaya Jamur Tiram ini bisa menjadi Ikon Kebanggaan Masyarakat Pandeglang. Lalu kenapa kita tidak mencoba?

Sumber: http://www.pandeglangkab.go.id/berita.php?page=MzA5 Dipostkan kembali oleh [https://ensiklopebanten.wordpress.com/]

16 Comments (+add yours?)

  1. masna
    Apr 27, 2013 @ 17:50:01

    assalmu,alikum,
    kalau mau belajar harus datang kemana ya.
    apakah juga tidak gratis..

    Reply

  2. adel
    Jun 03, 2013 @ 16:11:52

    KERIPIK JAMUR – PINKY JAMUR yg DIGIGIT malah MENGGIGIT!

    GILA aja klo ad yg ga suka! Keripik Jamur yg plig byk dkejar2 n dgilai2…ya cm PINKY JAMUR!

    Dibuat dr Jamur Tiram yg KAYA PROTEIN, berbalut tepung yg KRIUKnya RENYAH TAK TERBANTAHKAN, pkoke lezatny bikin MEREM MELEK.hahaa…

    Cuma 15rb! (*utk yg bminat jd reseller hrga khusus). Pembelian lebih banyak, diskon tentu lebih banyak lagi

    -Kemasan Alumunium Foil
    -Expired 5 bulan
    -Telah terdaftar Dinas Kesehatan No PIRT
    – Pengiriman d bwh 20 kg (180 bungkus) menggunakan jasa pengiriman JNE, d atas 20 kg menngunakan expedisi, atau sesuai keinginan Anda.

    Siap dikirim k sluruh Indonesia!!! Tsedia 3 rasa!

    Order: 085648366344/ @adelete/ http://www.pinkyjamur.com / 26b02c7e

    Reply

  3. LP Fans Indonesia
    Jun 20, 2013 @ 12:39:10

    Pa,Iding dipertahankan yaa, jangan di sia siakan kalo bisa dikembangkan, jangan cuma dipinggir rumah saja, cari lahan yang pas saya siap ko, membangun kerja sama yang sehat, yuuk kapan kalo pa.Iding mau, Ir.H.Nuryanto.MM Pandeglang

    Reply

  4. yo
    Aug 04, 2013 @ 16:56:53

    Semoga dapat terus berkembang dan saling berbagi.

    Reply

  5. ferry handy
    Jan 30, 2014 @ 13:34:43

    siap ir,h,nuten ryanto,mm sy anak pa,iding ayo kembangkan ban

    Reply

  6. irwan
    Apr 28, 2014 @ 04:26:59

    Assalamu’alaikum.
    saya irwan gunawan.
    saya butuh jamur 2 kwintal/ hari untuk nanti dibulan ramadhan. punya info kelompok tani yang bisa saya hubungi?🙂

    Reply

  7. ferry handy
    Sep 01, 2015 @ 00:35:46

    Kami siap kembangkan jamur tiram banten area serang pandeglang dan sekitarnya,jika berminat bs menghubungi kami di no,hp,,
    081999037309,ferry,handy mari membangun banten dengan berbudaya jamur tiram untuk ciomas dan anyer bisa datang langsung ke,cabang kami yg ada di ciomas paradigmanya,serang banten vinasari

    Reply

  8. ferry
    Jun 07, 2016 @ 22:31:43

    Marhaban ya ramadhan kami keluarga besar jamur tiram vinasari mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa

    Reply

  9. ferry
    Aug 17, 2016 @ 19:20:57

    Update contact ,,hp telkomsel sy hilang ,buat para generasi petani jamur tiram banten ayo kita perluaslagi pasar jamur tiram sesuai dengan program penggati ayam negri,,bisa di hubungi sy 08521274881 as 081999037309 xl

    Reply

  10. aep
    Aug 22, 2016 @ 01:40:20

    kumaha tos panen jamurna

    Reply

  11. eep
    Aug 25, 2016 @ 01:35:47

    kumaha damang kang feri

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Fiksi Mini: "Yuk" Suami: "Mah, yuk!" Istri: "Yuk." TAMAT 😅 1 hour ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: