PRIBADI-PRIBADI BERUNTUNG

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang benar-benar beriman dan beramal shaleh dan nasehat-menasehati supaya menaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS Al ‘Ashr [103]: 1-3)

Orang yang pasti beruntung adalah orang yang mencari kebenaran, orang yang mengamalkan kebenaran, orang yang mendakwahkan kebenaran dan orang yang sabar dalam menegakan kebenaran.

Allah SWT bersumpah dalam surat di atas dengan berfirman, “Demi masa.” Sumpah Allah SWT ini menandakan bahwa betapa dahsyatnya masa (waktu), dan tentunya ini bukanlah sumpah main-main semata. Karena dalam surat ini Allah menegaskan bahwa sesungguhnya manusia pasti akan merugi, kecuali empat golongan. Keempat golongan yang beruntung itu adalah sebagai berikut:

Pertama, beriman kepada Allah SWT. Berarti meyakini dengan sepenuh hati, mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dengan perbuatan. Orang yang beriman kepada Allah tidak akan merugi, karena ia akan selalu mengingat-Nya. Orang yang selalu mengingat Allah, akan terjaga dari perbuatan dosa. Ia akan melaksanakan semua perintah-Nya dan sekuat tenaga menjauhi semua larangan-Nya. Itulah tanda-tanda orang yang bertakwa. (QS al-Baqarah [02]: 103).

Kedua, beramal saleh. Beramal saleh berarti amal perbuatan yang membawa kebaikan dan berguna bagi semua orang, baik di dunia maupun di akhirat.

Rasulullah SAW. bersabda: “Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang diberi panjang umur dan baik amalannya, dan sejelek-jeleknya manusia adalah orang yang diberi panjang umur dan jelek amalannya.” (HR Ahmad).

Amal saleh tidak hanya salat, puasa, zakat, dan haji saja. Akan tetapi, semua amal perbuatan yang membawa kebaikan dan berguna bagi semua orang juga termasuk amal saleh. Misalnya, menyingkirkan sesuatu yang menghalangi jalan, meminjamkan buku, dan sebagainya.

Ketiga, saling menasihati dalam kebenaran. Mengingatkan saudara-sauara seiman yang melakukan dosa adalah bagian dari menasihati dalam kebenaran.

Keempat, saling menasihati untuk menetapi kesabaran. Artinya, kita harus senantiasa bersabar dalam hidup dan dalam berusaha. Itulah keempat golongan yang akan beruntung. Yakni orang-orang yang bisa memanfaatkan waktunya sebaik mungkin untuk meraih ridho Allah SWT. dalam segala hal.

Mari memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menjadi orang yang beruntung, jangan sampai kita termasuk hamba-hamba-Nya yang lalai. Sebagaimana disinyalir oleh sabda Rasulullah SAW, “Ada dua nikmat, dimana banyak orang tertipu dengan keduanya; nikmat sehat dan waktu luang.” (HR. Bukhari dari Ibnu Abbas)

Pemanfaatan waktu yang benar adalah kunci sukses hidup kita. Mari kita memanfaatkan waktu yang sudah dianugerahkan Allah SWT untuk berkompetisi menjadi orang yang beruntung.
Wallahu A’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Gurindam M'Rana Merana karena dosa Karena dosa ku di neraka Merana dunia dan akhirat Karena mati belum tobat... fb.me/8hvJWbGGj 2 days ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: