MELALUI RAPERDA DANA CADANGAN, BANK BANTEN SYARIAH DIGAGAS

SERANG, (KB).-DPRD Banten mulai menggagas pembentukan Bank Banten Syariah. Untuk merealisasikan rencana ini, DPRD Banten sedang menyusun draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Dana Cadangan.

Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD Banten Sanuji Pentamarta mengatakan, draf Raperda Dana Cadangan ini saat ini sedang dikaji Komisi III. “Komisi III akan mematangkan dulu drafnya sebelum diajukan ke Banleg,” kata Sanuji.

Ia mengatakan, draf Raperda Dana Cadangan ini diharapkan menjadi cikal bakal pembentukan Bank Banten Syariah.

Sebagaimana diketahui, desakan untuk membentuk Bank Banten kembali mencuat saat DPRD membahas tentang Raperda Penyertaan Modal beberapa bulan lalu. Saat itu, terungkap jika kecil kemungkinan Pemprov Banten mengambil Bank Jabar Banten Syariah (BJBS), karena Pemprov Jabar akan menguasai mayoritas saham. Sementara, hingga 2011, saham Pemprov Banten di BJBS baru sekitar 2,7 persen.

Mantan Ketua Pansus Penyertaan Modal, Media Warman mengaku, sudah merekomendasikan kepada Pemprov Banten untuk membentuk Bank Banten.
Ia mengungkapkan, awalnya direncanakan penyertaan modal untuk BJBS hingga 2016 direncanakan mencapai Rp500 miliar. Namun demikian, , karena BJBS kemungkinan dikuasi Pemprov Jabar, penyertaan modal ke BJBS hanya direncanakan maksimal Rp50 miliar.

Anggota Komisi III DPRD Banten Tuty Elfita mengungkapkan, Raperda Dana Cadangan diusulkan, karena dua sampai tiga tahun belakangan ini sisa lebih penghitungan anggaran (silpa) APBD Banten cukup besar, yaitu berkisar Rp200-500 miliar. Oleh karena itu, Komisi III DPRD Banten berpikir untuk memanfaatkan agar silpa ini menjadi sumber dana cadangan.

“Kami kemudian melakukan konsultasi ke sejumlah pihak dan belajar mengenai penentuan dana cadangan. Setelah konsultasi, ternyata dana cadangan itu tidak boleh hanya sekadar dana cadangan, tetapi harus ada target jelasnya,” ujar Tuti, Jumat (18/5).
Dikaji
Berdasarkan informasi, sejumlah provinsi yang sudah memiliki Perda Dana Cadangan, rata-rata dialokasikan untuk dana pilkada. “Ada sejumlah daerah yang peruntukannya lain, bukan untuk pilkada, tetapi kemudian dicabut,” katanya.

Tuti menuturkan, Komisi III DPRD Banten hingga kini masih terus mencari aturan pendirian bank daerah dari dana cadangan.
Menurut Tuti, kendati tidak ada aturan yang mengatur bahwa dana cadangan boleh dipakai untuk pendirian bank, raperda inisiatif Komisi III DPRD Banten itu akan diubah namanya menjadi Raperda Pendirian Bank Daerah.

Saat ini, ujar Tuti, rencana pendirian bank daerah yang bersumber dari dana cadangan sedang dikaji. “Kajian ini belum kita lakukan. Rencananya dalam waktu dekat kami akan konsultasi ke Kemendagri untuk menanyakan boleh atau tidak dana cadangan itu untuk pendirian bank. Itu menjadi alternatif pertama kita,” tuturnya.

Ia mengakui, pembentukan bank daerah membutuhkan waktu yang cukup lama. “Kami sih menarget inginnya 2014 nanti bank daerah itu sudah terbentuk. Jadi, sebelum masa jabatan kami berakhir, di Banten sudah berdiri bank daerah. Nanti anggota DPRD periode yang akan datang tinggal melanjutkannya saja,” kata Tuti. (H-32)***

Sumber: http://www.kabar-banten.com/news/detail/5268

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: