Pelaporan dan Pencatatan Pengguna BMD Harus Tertib

Puspiptek, Tangerang Selatan – Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Tangerang Selatan, menyelenggarakan sosialisasi sistem pengelolaan barang-barang bergerak dan tidak bergerak yang menjadi aset Pemerintah Daerah. Langkah itu ditempuh agar selama proses pengelolaan aset dapat berjalan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang telah diatur dalam sebuah regulasi daerah berkuatan hukum tetap.

“Sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada aparatur mengenai tata kelola barang milik daerah sesuai dengan Perda Nomor 10 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah,” ungkap Kepala DPPKAD Kota Tangerang Selatan – Uus Kusnadi kepada Web Tangsel, Rabu, 16 Mei 2012.

Uus menjelaskan, dalam kesempatan tersebut ada beberapa hal penting dan disampaikan kepada para peserta. Diantaranya, kriteria tentang Barang Milik Daerah (BMD), nilai perolehan BMD, pencatatan administrasi BMD perolehan dari pihak ketiga, dan mekanisme pelaporan BMD.

Masih menurut Uus, ada hal lainnya yang juga harus diperhatikan oleh setiap aparatur pemerintahan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Aspek legalitas dokumen dalam setiap penerimaan barang dari pihak ketiga menjadi sangat penting untuk menghindari masalah hukum pada saat proses serah-terima BMD telah berlangsung. “Pelaporan dan pencatatan dari pengguna barang kepada pengelola juga harus tertib,” tegas Uus.

Sementara itu, Sekretaris Inspektorat Kota Tangerang Selatan – Widodo Hari Lusinto, pada kesempatan di acara sosialisasi ini juga menyampaikan sebuah makalah pembahasan tentang Pengelolaan BMD dalam perspektif Pengawasan. Penekanan ini didasari atas pertimbangan pada pencegahan terjadinya pelanggaran hukum selama proses pengelolaan BMD antar otoritas daerah dan dari pihak ketiga.

“Saya menyarankan agar setiap Kepala Sekolah menunjuk petugas administrasi khusus menangani masalah pengelolaan barang milik daerah. Dan setiap keluar-masuk barang harus menggunakan SBBK (Surat Bukti Barang Keluar) karena ini menjadi penting,” pesan Widodo.

Seperti diketahui, pascapemekaran dari Kabupaten Tangerang, tahap pertama pengelolaan aset barang telah dilimpahkan dari daerah induk kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Aset barang bergerak dan tidak bergerak itu diantaranya berupa bangunan gedung pemerintahan, puskesmas, sekolah, jembatan, jalan, kendaraan operasional dan lain sebagainya. Rencananya, proses penyerahan BMD tahap kedua akan kembali bergulir dan saat ini kedua Pemerintah Daerah tengah melakukan proses pengkajian terhadap BMD yang nantinya akan diserah-terimakan.

Pada acara sosialisasi tersebut turut dihadiri Kepala DPPKAD Kabupaten Tangerang – Iskandar Mirsyad dan perwakilan dari Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Dalam Negeri – M Yusuf Widyaiswara selaku narasumber. Sedangkan puluhan peserta sosialisasi ini terdiri atas perwakilan dari pengurus lembaga pendidikan di seluruh tingkatan SDN, SMP dan SMA Negeri serta Puskesmas-puskemas yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. (bpti-ts)

Sumber: Info-Tangsel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Fiksi Mini: "Yuk" Suami: "Mah, yuk!" Istri: "Yuk." TAMAT 😅 1 hour ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: