Produk UKM Tembus Ke Pasar Retail “Pemkot Terus Dorong Kemajuan UKM, Beri Pelatihan Pemasaran Produk”

Usaha Kecil dan Menegah (UKM) dirasakan penting keberadaanya dalam meningkatan derajat ekonomi masyarakat kecil melalui berbagai usaha yang dijalankan masyarakat seperti kerajinan, produk makanan dan minuman tradisional karena sektor UKM ini dirasakan dapat menopang pelaku usaha bahkan dalam keadaan sulit seperti saat terjadinya krisis moneter beberapa tahun silam. Untuk itu Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perdagangan Industri dan Koperasi (Disperindakop) terus berupaya melakukan pengembangan pada UKM melalui pembinaan pemasaran produk.

Pembinaan pemasaran produk ini untuk membantu UKM guna menembus pasar yang lebih luas masuk ke toko retail seperti Hipermarket, Swalayan dan Minimarket.Dengan tembusnya produk UKM ke jenis pasar yang lebih luas ini diharapkan keberadaan UKM terus meningkat dengan produk yang lebih beragam.

“Sejau ini produk UKM sudah mampu menembus pasar retail besar yang ada seperti produk alas kaki sepatu dan sandal hasil karya pengrajin,” Ungkap Kadis Perindakop Muhamad Noor.Saat ini Kami akan pasarkan hasil olahan makanan dan minuman tradisional yang jumlahnya sangat beragam.

Para pelaku UKM yang tersebar di Kota Tangerang banyak tergabung dalam wadah koperasi yang jumlahnya cukup signifikan dan keberadaanya sangat membantu perkembangan UKM tersebut.Setidaknya tercatat sebanyak 599 koperasi yang aktif di Kota Tangerang. Kepala Bidang UKM Dan Koperasi Disperindakop Kota Tangerang Dian Ferdiani mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap UKM dan Koperasi yang ada.”Selain pelatihan pembuatan produk UKM , Kami juga terus memberikan pembinaan terkait pemasaran dan permodalan.Kita terus bina agar UKM terus maju,” ujarnya.

Dian menambahan, jenis produk UKM yang saat ini sudah mulai mendapatkan tempat di pasar lebih luas seperti minuman jahe merah, ginseng, krupuk dan abon ikan. Bahkan untuk produk minuman jahe merah menurut Dian sudah merembah ke daerah luar Jawa, seperti Palembang, Medan dan wilayah lainnya di Indonesia.”Ini tentunya langkah besar dalam pembinaan kemajuan UKM di Kota Tangerang,”imbuh Dian.

Kerja keras Disperindakop dalam pembinaan UKM dan Koperasi ini nampak pada saat ratusan pelaku UKM dan Koperasi mengikuti Sosialisasi dan Pembinaan Permodalan Produk Kredit Mikro Umum yang diselengarakan bekerja sama dengan Bank BJB Dan Gerakan Masyarakat Koperasi (Gemaskop) bertempat di Gd. Golkar,Babakan, Kota Tangerang, Kamis (10/05) yang lalu.

Kadis Indakop M.Noor dalam kesempatan tersebut menghimbau agar UKM yang mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya dapat melakukan konsultasi dengan Disperindakop ataupun Kasi Ekonomi Pembangunan yang ada di setiap Kecamatan.M.Noor juga mengatakan bahwa Dinasnya akan terus melakukan kegiatan bagi kemajuan UKM. Terkait, dengan permodalan UKM dan Koperasi, M.Noor mengaharapkan agar setiap UKM dan Koperasi dapat memanfaatkan pihak perbankan dalam hal ini Bank BJB untuk menambah modal usahanya.

Dalam kesempatan tersebut, diinformasikan bahwa dalam rangka mendorong laju perkembangan usaha sektor UKM, bank BJB berencana memberikan percepatan peningkatan kredit produk berupa kredit mikro utama. Dan pemberian kredit ini nantinya sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

Tangerang, 11 May 2012
Plt.Kepala Bagian Humas & Protokol

Drs.H.Amal Herawan B,MM
Nip. 196606242002121002

Sumber: Info-Tangerang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: