DEWAN MINTA KANDANG AYAM CPI DITUTUP

RANGKASBITUNG, (KB).-Sejumlah anggota DPRD Lebak meminta pemerintah setempat menutup sementara kandang atau peternakan ayam milik PT Charon Phokphan Indonesia (CPI) berklokasi di Desa Jagabaya, Kecamatan Warung Gunung,Lebak. Selain mengeluarkan bau kotoran menyengat, rumah warga pun menjadi sasaran penyerbuan lalat hijau pembawa wabah penyakit.

“Kami datang secara mendadak ke lokasi peternakan berbekal laporan dan pengaduan tokoh masyarakat merasa diresahkan kehadiran kandang ayam tersebut. Padahal, sudah lama warga menyampaikan surat penolakan pembangunan kandang ayam ke pemerintah daerah,namun kandang ayam tetap beroperasi,” tegas H. Encup Suprani anggota DPRD dari Fraksi Golkar kepada Kabar Banten, Jumat (11/5).

Menurut dia , kedatangannya ke lokasi peternakan bersama dua anggota lainnya, Bambang Fajar Suseno dari Partai Gerindra dan HM.Yogi Rochmat F-Golkar. Di lokasi, tampak sejumlah bodigar berambut cepak berjaga-jaga di lokasi kandang ayam.

“Kami mencium ada gelagat lain di lokasi. Kami yakin, warga pasti tidak bisa mendatangi lokasi peternakan, karena manajemen di sana ketat dan dijaga para bodyguard (centeng). Namum bagi kami mau dijaga ketat atau tidak, kami datang ke sana atas nama dewan, dan tetap berani menerobos lokasi tersebut demi menindaklanjuti pengaduan masyarakat yang diserahkan oleh serbuat lalat hijau mulai masuk ke perkampungan,” katanya.

Senada disampaikan Bambang Fajar Suseno, di lokasi pihaknya bertemu dengan pihak general manager peternakan tersebut. Pihak mereka mengklaim peternakan sudah ada izinnya. Pengaduan ini berbeda dengan pihak dinas Peternakan Lebak yang sampai sekarang mengaku tidak pernah mengeluarkan rekomendasi pendirian peternakan ayam, karena sudah ada surat masuk ke dinas tentang penolakan peternakan ayam.

“Dua pengakuan ini tentu menjadi bahan bagi kami untuk dibahas di tingkat komisi. Bahkan, kami akan meneruskan pembahasan ini ke pimpinan. Bagi kami sampai kapanpun aspirasi masyarakat sangat penting, karena dampak kandang ayam mengudang wabah penyakit. Apalagi, alat penyedot lalat dari kandang ayam diarahkan ke pemukiman warga. Jelas saja, lalat dari kotoran kandang itu beterbangan ke pemukiman warga,” katanya.

Sementara itu Kabid Peternakan, Dinas Peternakan Lebak, Padma bersama Kabid Sarana Prasarana Distanak, Yayat membenarkan peternakan tersebut sudah lama tidak mendapat rekomendasi dari dinas peternakan. Hal ini menyusul adanya laporan warga sekitar menolak pembangunan peternakan tersebut. “Jadi, dinas belum pernah mengeluarkan rekomendasi untuk peternakan CPI,” tegas Yayat.

Dihubungi terpisah, Wayan , General Manager CPI, mengaku perusahaannya sudah mengantongi izin. Bahkan, pihaknya mengaku izin dari bupati pun sudah ada di tangannya. “Kami sudah memiliki izin, dan waktu mengurus izin itu dilakukan rapat bersama tim dari pemerintah daerah,” katanya. (H-20)***

Sumber: http://www.kabar-banten.com/news/detail/5237

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: