TARGET PEMBANGUNAN BANDARA BANSEL SEGERA DIJADWAL

KOTA SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten merencanakan dalam waktu dekat akan akan menetapkan jadwal pelaksanaan pembangunan Bandar Udara (Bandara) Banten Selatan (Bansel) yang lokasinya akan dibangun di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, hal ini mengingat tenggang waktu 36 bulan sejak SK Menhub Nomor 433/2010 tentang Lokasi Bandara Baru di Panimbang, Kabupaten Pandeglang, yang diterbitkan pada 2011 lalu.

“Kami masih memiliki waktu, tapi kapan dimulai belum ditetapkan. Mudah-mudahan bulan Agustus 2012 ini bisa segera dimulai” kata Gubernur Banten-Hj.Ratu Atut Chsoiyah usai memimpin rapat pembahasan pembangunan Bandara Bansel di Pendopo Gubernur, Rabu (9/5).

Gubernur menambahkan, ada dua opsi yang ditawarkan oleh pihak Kementerian Perhubungan yakni pembangunan Bandara Bansel yang operatornya harus Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan bekerjasama dengan pihak swasta atau BUMD sendiri dengan melakukan pelelangan terbuka.

“Kami meminta dua opsi ini dikaji dulu. Inginnya cepat tapi tentu jangan sampai melabrak aturan” tutur Gubernur seraya menambahkan Pemprov Banten akan melakukan pengkajian secara matang lebih dulu terhadap usulan dua opsi yang ditawarkan. “Apakah dengan menetapkan BUMD yang ada, atau membentuk anak perusahaan BUMD yang baru. Yang jelas berdasarkan aturan, operator pembangunan Bandara Bansel harus BUMD” ungkapnya.

Gubernur melanjutkan, awalnya Pemprov Banten sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan salah satu investor. Namun dengan adanya ketentuan yang mengharuskan BUMD maka hal tersebut ditinjau ulang. Yang jelas, investor tetap mau untuk bekerjasama dalam pembangunan Bandara Bansel tersebut.

Sebagaimana diketahui, Menteri Perhubungan telah mengeluarkan izin pembangunan Bandara Banten Selatan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 433 tahun 2010 tentang Penetapan Lokasi Bandar Udara serta Rencana Pembangunan Bandar Udara Baru di Kabupaten Pandeglang. Lokasinya ada di Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Proyek Bandara Banten Selatan akan dibangun di atas lahan seluas 600 hektar, diperkirakan akan menyedot dana sekitar Rp2,1 triliun. Untuk tahap awal akan dibangun run way sepanjang 2.500 meter dan lebar 30 meter. Selanjutnya run way dibangun hingga panjang 3.500 meter sehingga bisa didarati pesawat sejenis Boeing dan pesawat besar lainnya.

Pembangunan Bandara Banten Selatan ini bertujuan untuk mempermudah transportasi udara yang ada di Banten terutama untuk menunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 tahun 2012 dan sejumlah kawasan wisata lainya yang ada di Banten Selatan.

Kepala Bagian Hukum Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan-Israf Ulhayat menyatakan pihaknya tinggal menunggu keputusan Pemprov Banten terkait operator yang mengoparasikan Bandara Bansel.

“Jika operator sudah ditetapkan, apakah BUMD atau BUMD dengan partner swasta, tinggal Pemprov Banten mengajukan izin pembangunannya” ungkapnya. Israf melanjutkan, jika usulan izin pembangunan sudah diajukan dan dokumennya lengkap, maka dalam waktu 14 hari izin pembangunan tersebut bisa sudah dikeluarkan.

“Pusat tentu mendukung pembangunan Bandara Bansel ini. Namun pembiayaan ditanggung oleh Pemprov Banten

Sumber: Info.Banten

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: