UPPKS Anggrek Serua Indah Melaju ke Tingkat Nasional

Ciputat, Tangerang Selatan – Usaha Perbaikan Penghasilan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Anggrek, di Gang Suka Sari II RT 003/03 Kelurahan Serua Indah Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan, maju ke Tingkat Nasional mewakili Provinsi Banten dalam ajang Lomba Keluarga. Pada UPPKS Anggrek, kerajinan tradisional pembuatan tali tambang dan karung goni menjadi produk unggulan yang sudah berlangsung sejak puluhan tahun silam.

Tim Pembina BKKBN Pusat – Hanafi, mengatakan, lima dari 10 jenis lomba diraih Kota Tangerang Selatan untuk berkompetisi ditingkat nasional mewakili Provinsi Banten. Nantinya sebagai acara puncak penilaian pada 13 Juni 2012 mendatang di Hotel Twins City Jakarta, seluruh peserta dari 33 provinsi akan dikumpulkan.

“Juri independen berasal dari 33 provinsi. Jadi kami tidak bisa mengintervensi lebih jauh dan kalau tidak berhalangan, piala Lomba Keluarga Tingkat Nasional akan diserahkan langsung oleh bapak Presiden SBY,” terangnya saat memberikan sambutan di depan hadirin yang datang, akhir pekan kemarin.

Hanafi menjelaskan, pihaknya terkejut setiba di lokasi UPPKS Anggrek. Setelah melakukan serangkaian kunjungan yang sama selama tiga hari di Kota Cirebon dan Serang dalam ajang lomba tersebut, karena disambut oleh kelompok marawis. Dia menjelaskan, melalui lomba ini Pemerintah Pusat akan terus memberikan pembinaan terhadap program Keluarga Berencana (KB) yang bertujuan untuk menciptakan keluarga kecil dan sejahtera.

“Nantinya termasuk juga dalam penilaian bahwa para peserta tidak boleh memiliki anak lebih dari dua,” terangnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Bidang Keluarga Berencana pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPP-KB) Ellen Hutabarat, menjelaskan, lima dari 10 lomba yang diikuti Provinsi Banten pada ajang lomba Hari Keluarga Tingkat Nasional merupakan utusan dari Kota Tangerang Selatan yaitu lomba kategori UPPKS, kategori PIK-R (Pusat Infromasi dan Konseling – Remaja) Tahap tumbuh, kategori KB Lestari 20 tahun, kategori Keluarga Harmonis, kategori IMP (Institusi Masyarakat Pedesaan). Kelima kategori peserta dari Kota Tangerang Selatan tersebut, mendapat juara pertama pada ajang lomba Hari Keluarga di Tingkat Provinsi Banten.
Prestasi lainnya pada Lomba Keluarga Tingkat Provinsi yang diraih oleh Kota Tangerang Selatan adalah Juara II kategori PIK-R Tahap Tegar, Juara II KB Lestari 15 Tahun, dan Juara III kategori BKB (Bina Keluarga Balita)

“Dalam persiapan mengikuti lomba ini kami terus memberikan pembinaan terhadap administrasi, perbaikan cara kemasan, cara pembuatan tali tambang yang telah dilakukan para anggota UPPKS Anggrek. Di kelompok ini ada 40 keluarga yang menjalani usaha pembuatan tali tambang dan karung goni,” terang Ellen, kepada Web Tangsel usai acara kunjungan Tim Pembina BKKBN Provinsi Banten dan Pusat.

Poin penting indikator dalam kelompokadalah anggota harus mengikuti program KB, lanjut Ellen. Indikator penilaian, UPPKS Anggrek bisa menularkan keterampilan kerajinan pembuatan tali tambang ini kepada kelompok lain yang ada disekitarnya. Serta melatih bagaimana memberdayakan masyarakat karena ini program dari KB. Dengan demikian utamanya adalah mencontohkan kepada masyarakat kalau anak dua lebih baik.

“Jadi masyarakat yang terlibat dalam KB, implikasinya dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar,” kata Ellen, seraya menambahkan hasil tali tambang UPPKS Anggrek biasa didistribusikan ke Tanjung Priuk, Tangerang dan Madura. (bpti-ts)

SUmber: Info-Tangsel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Gurindam M'Rana Merana karena dosa Karena dosa ku di neraka Merana dunia dan akhirat Karena mati belum tobat... fb.me/8hvJWbGGj 2 days ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: