MENINGKATKAN PENDAPATAN DAERAH MELALUI BAGI HASIL PAJAK

KOTA SERANG – Guna meningkatkan pendapatan daerah melalui bagi hasil pajak di Provinsi Banten, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Provinsi Banten menggelar bisnis gathering antara Pengusaha Banten dengan Gubernur Banten-Hj.Ratu Atut Chosiyah di Hotel Ratu Bidakara, Selasa malam (1/5).

Gubernur menyampaikan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan harapan masyarakat Banten guna melakukan percepatan pembangunan di Provinsi Banten.

Pemprov Banten memiliki target terhadap penghasilan daerah yang memberikan kontribusi terhadap besarnya kebutuhan belanja pembangunan yang disusun dalam APBD Provinsi Banten. Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada perusahaan yang ada di Banten memiliki kesadaran untuk merubah NPWP para wajib pajak dari luar Banten menjadi NPWP Banten.

“Kami tidak meminta keuntungan dari perusahan, tapi kami mengharapkan kesadaran kepada bapak/ibu untuk melaksanakan kewajibannya dalam membayar pajak dan memiliki NPWP Banten, sehingga perusahaan yang ada di Banten tidak lagi membayar pajak ke Jakarta” katanya.

Menurut Gubernur, ada target pendapatan dari pajak yang ditargetkan oleh Kanwil Pajak Banten sebesar Rp139 miliar bisa melebihi target. Gubernur meyakini keberhasilan mencapai taget pajak di Banten ini dikarenakan di wilayah Banten terdapat 19 kawasan industri dan terdapat kurang lebih 1.600 lebih industri besar dan menengah yang ada di Banten.

“Kenaikan ini amat memungkinkan jika para perusahaan yang ada di Banten merubah NPWP menjadi NPWP Banten, maka pendapatan dari pajak di Banten menjadi meningkat” katanya.

Menjelaskan tujuan bisnis gathering, Kepala Kanwil Ditjen Pajak Provinsi Banten-Muhammad Haniv mengatakan bisnis gathering ini adalah upaya membantu Pemprov Banten untuk memberikan pencerahan kepada para pengusaha yang membuka usaha, pabrik, perusahaan, atau proyek, dan bekerja di Banten, serta bertempat tinggal di Banten dan memanfaatkan infrastruktur di Banten untuk sama-sama berkontribusi dalam mencapai percepatan pembangunan secara merata di wilayah Provinsi Banten.

Namun sayangnya, Muhammad Haniv menambahkan, hingga saat ini masih banyak pengusaha yang masih ber-NPWP di luar Banten, selain itu para pekerja asing yang bekerja di Banten juga membayar pajaknya di luar Banten. “Seperti warga yang tinggal di perumahan mewah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yaitu Serpong dan Bintaro, kabanyakan warga masyarakatnya masih ber-KTP Jakarta dan membayar pajaknya pun ke Jakarta” katanya.

Muhammad Haniv menilai jika masyarakatnya pun ber-KTP Jakarta dan membayar pajak untuk Jakarta tentunya itu wajib pajak itu menjadi penghasilan daerah DKI Jakarta yang sudah barang tentu akan bermanfaat untuk pembangunan di DKI Jakarta. “Hal ini tentunya akan merugikan Banten, karena tidak memberikan kontribusi pajak ke Banten. Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada para pengusaha yang ada di Banten juga agar memiliki kesadaran untuk mengubah NPWP-nya menjadi NPWP Banten” tegasnya.

“Saya jamin perubahan NPWP ini akan kita akan memberikan pelayanan dengan mudah dan cepat di Kanwil Pajak Banten. Dengan ber-NPWP Banten maka para pengusaha bisa memberikan sumbangan rupiah bagi pembangunan masyarakat Banten” katanya seraya melanjutkan ketegasannya “kalau kita mencintai Banten, tentunya kita akan dengan ikhlas membayar pajak di Banten”.

Himbauan Kepala Kanwil Ditjen Pajak Provinsi Banten dan Gubernur Banten pun mendapat tanggapan dari berbagai kalangan pengusaha, di antaranya tanggapan Direktur Utama PT Chandra Asri-Suhat Miharso, ia mengaku, selaku perwakilan wajib pajak mengatakan investasi di Provinsi Banten yang dilakukan pengusaha-pengusaha di Banten maupun dari luar Banten cukup pesat. Terutama untuk di bidang industri baja dan petrokimia. Rencananya investasi di industri kimia dari kurun waktu tahun 2012 hingga 2015 akan masuk ke Banten kurang lebih US$5 miliar.

“Ini semua bisa terlaksana atas dukungan dari Ibu Gubernur Banten, dan terus diingatkan agar para pengusaha di Banten bisa berperan dalam pembangunan di Banten lebih besar” katanya.

Menurut Suhat Miharso, tentunya semua ini memerlukan dukungan dari Pemprov Banten karena investasi ini bisa berjalan karena tersedianya infrastruktur. Namun kondisi jalan-jalan yang ada di Banten saat ini dalam kondisi memprihatinkan, baik di Banten Barat maupun Banten Timur, sehingga amat membutuhkan adanya perbaikan jalan.

“Khsusus di daerah Anyer dan Cilegon kondisi jalan di daerah itu cukup padat dilalui kendaraan berat. Oleh karena itu, perlu segera dilakukan perbaikan” katanya.

Dilanjutkannya, sosialisasi pajak di wilayah Banten amat penting, mengingat perusahaan besar yang ada di Banten kebanyakan berkantor di Jakarta dan tentunya membayar pajaknya untuk daerah Jakarta. Namun ada juga sebagian pembayaran pajak dilakukan di Banten.

“Hari ini kita mendapatkan pencerahan untuk membantu pembayaran pajak di Banten. Untuk melakukan percepatan pembangunan, kami mengajak kepada seluruh pengusaha yang ada di Banten, agar membayar pajak di Banten” himbaunya.

Ganti kode huruf dengan ‘nama font’

Sumber: http://www.humasprotokol.bantenprov.go.id/2012/05/meningkatkan-pendapatan-daerah-melalui-bagi-hasil-pajak/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Gurindam M'Rana Merana karena dosa Karena dosa ku di neraka Merana dunia dan akhirat Karena mati belum tobat... fb.me/8hvJWbGGj 2 days ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: