Konsumen Tak Puas Bisa Melapor ke BPSK

Hadir sebagai narasumber Hendi Suwendi – Kepala Seksi Bimbingan Konsumen pada Direktorat Pemberdayaan Konsumen Kementerian Perdagangan RI yang menyampaikan materi tata cara pendirian BPSK. BPSK didirikan dengan Keputusan Presiden RI. Dalam setiap Keppres terdapat minimal 5 (lima) BPSK yang dibentuk. Pada saat ini surat permohonan pembentukan BPSK sudah disampaikan kepada Kementerian Perdagangan RI dan sudah ada 4 (empat) Daerah yang mengajukan hal serupa sehingga menunggu satu Daerah lagi untuk disampaikan kepada Presiden.

Hendi menjelaskan, Daerah yang mengajukan pembentukan BPSK harus menyatakan kesanggupan untuk menyediakan sarana dan prasarana bagi BPSK serta bersedia mengalokasikan dana operasional dan honorarium bagi anggota dan sekretariat BPSK melalui APBD.

Turut memberikan materi pada sosialisasi tersebut, Tatang Kasmara – Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang Selatan yang menjelaskan, tugas dan kewenangan BPSK. Berdasarkan Undang-undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 di pasal 52 dijelaskan bahwa tugas BPSK adalah melaksanakan penanganan dan penyelesaian sengketa konsumen dengan cara mediasi atau arbitase serta rekonsiliasi, Memberikan konsultasi mengenai perlindungan konsumen, Melakukan pengawasan terhadap pencantuman klausula baku.

Kemudian, melaporkan kepada penyidik umum apabila terjadi pelanggaran ketentuan dalam undang-undang ini. Meminta bantuan penyidik untuk menghadirkan pelaku usaha, saksi ahli, atau setiap orang sebagaimana dimaksud pada huruf g dan h yang tidak bersedia memenuhi panggilan badan penyelesaian sengketa konsumen.

Kategori penyelesaian sengketa yang ditangani BPSK, lanjut Tatang, bagi konsumen perorangan yang dirugikan atau ahli warisnya. Sedangkan sengketa bagi sekelompok konsumen yang memiliki kepentingan sama, LSM atau lembaga pemerintah, penyelesaian sengketa harus dilakukan oleh pengadilan. “Penanganan kasus maksimum 21 hari selesai,” tegas Tatang, menjawab pertanyaan utusan dari kecamatan Pamulang.

Menurutnya, tata cara pengaduan oleh pemohon yang bersangkutan dan ahli waris atau kuasanya (bukan kuasa hukum-red) apabila konsumen tersebut meninggal dunia, sakit, belum dewasa sesuai undang-undang serta Warga Negara Asing (WNA) dapat melampirkan beberapa persyaratan. Dokumen itu antara lain, formulir isi pengaduan, melampirkan identitas diri, tanda bukti perolehan barang, foto barang/jasa yang disengketakan serta saksi saat transaksi jual beli dilakukan.

Sementara kasus yang ditangani BPSK berupa transaksi jual beli barang kebutuhan masyarakat pengguna akhir seperti, produk kelontong, elektronik, bahan makanan serta minuman, obat-obatan perumahan dan lain-lain. Jual beli sewa jasa parkir, angkutan, kesehatan kesehatan dan hantaran. Juga transaksi keuangan non perbankan atau leasing, pelayanan PLN, PDAM dan lain sebagainya. Pengaduan terhadap layanan badan publik tidak bisa diajukan ke BPSK, tetapi diajukan ke Komisi Ombusdman.

Peserta kegiatan sosialisasi ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau instansi terkait seperti Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLKI) Tangerang, Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat dan Asosiasi Pengusaha Retail (APRINDO) serta pelaku usaha penyedia barang dan jasa di wilayah Kota Tangerang Selatan. (bpti-ts)

Sumber: info-tangsel
Diposkan kembali oleh
[https://ensiklopebanten.wordpress.com/]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: