Pendidikan dan Pemahamam SKPD Kunci Keberhasilan Implementasi HAM

Serpong, Tangerang Selatan – Komitmen dan keseriusan Pemerintah yang didukung peran masyarakat dalam implementasi Hak Asasi Manusia (HAM) memiliki peranan penting. Sesuai dengan tugas konkret di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 23 Tahun 2011 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia yang mengatur bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban di dalam harmonisasi tatanan kehidupan bermasyarakat.

Wakil Walikota Tangerang Selatan, Bennyamin Davnie, dalam sambutannya berharap dalam melaksanakan sebuah program yang pastinya terdapat muatan HAM harus sesuai dengan Rancangan Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) melalui berbagai indikator. Setiap program pembangunan digulirkan berasal dari pajak dan retribusi yang telah dibayarkan masyarakat melalui lembaga di Pemerintah Pusat dan Daerah. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bila didalam sebuah penyelenggaraan pemerintahan terutama yang bersifat pelayanan langsung terhadap masyarakat dilakukan dengan pola-pola yang lebih bersahabat.

“Dalam penyelenggaraan jangan membuat program yang sulit dan tidak bisa dilaksanakan. Saya memiliki harapan besar kepada kaum-kaum muda di jajaran Pemerintah Daerah, bahwa kita membutuhkan pegawai yang cerdas, tidak ambisius,” harap Wakil Walikota Benyamin, yang langsung secara resmi membuka acara Sosialisasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) kepada Panitia Ranham Tahun 2011-2014 di gedung German Centre, Serpong, Kamis, 25 April 2012.

Sementara itu, Kepala Bagian Dokumentasi dan Informasi Biro Hukum Kementerian Dalam Negeri – Muzamin, menjelaskan, kemajemukan suku dan ras menjadi salah satu pemicu terjadinya pergeseran yang berujung pada terjadinya pelanggaran HAM di Indonesia. Sehingga, faktor pendidikan tentang HAM sangat penting dan diharapkan juga mampu memahami Standar Operasional Pelayanan (SOP), yakni prosedur, substansi dan kewenangan.

“Tidak semuanya harus di tindaklanjuti dengan kegiatan. Dalam menyikapi sebuah persoalan juga harus dilihat dari berbagai perspektif dan cara penanggulangan yang tepat,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Sub Bidang Publikasi dan Dokumentasi Kementerian Hukum dan HAM, Thoman Pasaribu, mewakili Direktorat Jendral HAM yang berhalangan hadir menyampaikan mekanisme pembentukan panitia kelompok kerja Ranham. Menurut Thoman, pendidikan dan pemahamam mengenai HAM sangat penting. Hal tersebut diawali dari aparatur negara yang terdiri dari berbagai institusi, terkait penerapan 10 norma standar HAM. Diantaranya, setiap warga negara wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) di kabupaten/kota secara gratis. Pelayanan komunikasi masyarakat untuk diketahui siapa pihak-pihak yang bertanggungjawab terhadap masalah tertentu.

“Dari semua harmonisasi yang ada ini harus ada pemantauan, evaluasi dan pelaporan tentang RANHAM serta bisa terintegrasi antara satu dengan yang lainnya,” kata Tomas.

Pada acara yang diselenggarakan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Tangerang Selatan ini, bertindak selaku moderator – Sunaryo dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenhuk HAM)Provinsi Banten. Hadir juga Asisten Daerah II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tangerang Selatan Ahadi dan Asisten III Bidang Administrasi Umum Ismunandar beserta sejumlah pimpinan dan perwakilan di setiap SKPD. Serta Kepala Polsek Metro Serpong Komisaris Nico Andreano Setiawan dan perwakilan dari unsur TNI dan Kejari Tigaraksa.

Seperti diberitakan Web Tangsel sebelumnya, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, pada Selasa, 21 Februari 2012 lalu, telah melantik sebanyak 78 Panitia Rencana Aksi Nasional HAM (RANHAM) Kota Tangerang Selatan, periode tahun 2012-2014 di gedung Titan – Bintaro, berdasarkan Surat Ketetapan (SK) Nomor : 180/Kep.392-Huk/2011. Seluruh panitia yang dilantik ini terdiri atas unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), praktisi lembaga perguruan tinggi, aparat penegak hukum TNI/Polri di masing-masing kabupaten/kota dan lainnya.
Walikota Airin, menyampaikan bahwa program utama di kabupaten/kota adalah untuk pembentukan dan penguatan institusi pelaksanaan RANHAM. Harmonisasi, rancangan dan evaluasi yang dilakukan daerah berupa pendidikan, penerapan norma dan standar pelayanan HAM, pelayanan komunikasi masyarakat serta pelaporan. Sehingga dengan pembentukan dan pengukuhan di Kota Tangerang Selatan, diharapkan panitia RANHAM dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Tindaklanjut dari pelantikan Pan Ran HAM dan sosialisasi mengenai Ran HAM adalah pembentukan kelompok kerja yang akan merumuskan siapa bertindak apa dalam menegakkan HAM di Kota Tangerang Selatan.(bpti-ts).

Sumber: info-tangsel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Gurindam M'Rana Merana karena dosa Karena dosa ku di neraka Merana dunia dan akhirat Karena mati belum tobat... fb.me/8hvJWbGGj 2 days ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: