MUSRENBANGNAS FOKUSKAN 4 UNSUR

JAKARTA – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas)-Armida Alisjahbana menuturkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) tahun 2012 harus fokuskan di empat unsur yaitu penanganan daya saing, daya tahan ekonomi, peningkatan dan perluasan kesejahteraan rakyat, serta stabilitas sosial dan politik.

“Musrenbangnas kali ini diselenggarakan dalam kondisi eksternal yang masih belum menentu. Fokus kepada empat unsur utama dalam Musrenbangnas itu juga diharapkan mampu bersinergi dengan potensi kedaerahan” kata Menteri di Gedung Bidakara Jakarta, Kamis (26/4).

Menteri menjelaskan sebelumnya bahwa musrenbangnas merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyinergikan segala bentuk ide pembangunan yang terlebih dahulu disusun dalam kegiatan musrenbang di tingkat provinsi (musrenbangprov). Tahap musrenbangprov merupakan suatu forum untuk menyepakati program dan kegiatan prioritas serta indikator dalam RRKPD tahun 2013.

Pada RKP tahun 2013, Pemerintah Pusat menyajikan integrasi program pemerintah melalui Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dengan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI).

Untuk wilayah Jawa-Bali prioritas pembangunan infrastruktur di wilayah Jawa difokuskan pada penanganan moda transportasi kereta api dalam rangka mendukung pertumbuhan wilayah Utara Jawa dengan membangun jalur atau penyelesaian pembangunan jalur ganda (double track) lintas Utara Jawa dan jalur ganda di wilayah Jabodetabek serta mendukung ketahanan pangan dan pengelolaan sumber daya air dengan akan dibangun waduk-waduk antara lain penyelesain waduk Jatigede, pembangunan waduk Karian dan waduk Titat.

Pada acara tersebut Gubernur Banten-Hj.Ratu Atut Chosiyah, Bupati Serang-Taufik Nuriman,Walikota Tangerang Selatan-Hj.Airin Rachmi Diany dan Kepala Bappeda Provinsi Banten-Widodo Hadi turut hadir mengikuti musrenbangnas.

Musrenbangnas merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), kegiatan ini sebagai puncak dari seluruh rangkaian pembahasan teknis di tingkat pusat dan daerah. Musrenbangnas tahun 2012 juga menghadirkan Wakil Presiden-Boediono, para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Kapolri-Timur Pradopo, Panglima TNI-Agus Suhartono, Kepala BIN-Marciano Norman, unsur pimpinan daerah, unsur legislatif (DPR dan DPD RI).

Sebelumnya Presiden RI-Susilo Bambang Yudhoyono pada pembukaan musrenbangnas 2012 dalam arahannya kepada seluruh Menteri, pimpinan lembaga, provinsi, dan kabupaten/kota diminta untuk melaksanakan program dan kegiatan tahun 2013 dengan sebaik-baiknya dalam mewujudkan prioritas nasional dan mempercepat kemajuan daerah.

Presiden juga memberikan arahan kepada para gubernur, bupati, dan walikota untuk mendukung pelaksanaan program kementerian/lembaga dalam pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan nasional, serta percepatan peningkatan kesejahteraan rakyat di daerah.

“Saatnya bekerja sangat keras karena tantangan yang dihadapi tidak ringan. Pengalaman menunjukkan setelah memimpin di mana pun saudara bertugas, dalam memimpin itu ternyata masalah yang dihadapi jauh lebih kompleks dibandingkan yang dibayangkan dulu. Tapi, tidak perlu berkecil hati, laksanakan tugas itu dengan sebaik-baiknya” tutur Presiden.

Pada tahun ini bidang ekonomi, kesra, dan polhukam memiliki tantangannya tersendiri. Misalnya saja ekonomi dengan pertumbuhannya, keamanan APBN dan fiskal, lapangan kerja, infrastruktur, pangan dan inflasi. Kesra meliputi infrastruktur pendidikan, kesehatran, pencapaian MDGs, dan kemiskinan. Serta Polhukam meliputi korupsi, kinerja birokrasi, kekerasan horisontal, ekses dan stabilitas pemilukada.

“Maka pesan saya mari kita bereskan urusan tahun 2012 ini, agar 2013 bisa lebih baik lagi” pesan Presiden.

Khusus untuk APBN 2012, banyak asumsi yang mengalami perubahan dan itu di luar jangkauan pemerintah, termasuk harga minyak, harga tukar rupiah, suku bunga, dan lifting minyak. Karena proses politik di DPR, membuat APBNP kita bermasalah, anggaran subsidi bisa melonjak dan membuat defisit 3 persen itu melanggar undang-undang.

“Untuk menutup defisit kita bisa saja utang, tapi kita tidak mau karena bisa membebani anak cucu kita” kata Presiden. Presiden menganjurkan optimalkan pendapatan negara dan efisiensi .

Dengan demikian, Presiden menginstruksikan kepada para menteri dan gubernur untuk menjaga kesehatan dan keamanan APBNP 2012. Bahkan, dalam keadaan tidak ada kenaikan harga BBM, volume penggunaan BBM bersubsidi harus dikurangi secara signifikan. “Saya sungguh meminta tolong agar apa yang kita lakukan sekarang dimengerti” ungkapnya.

Sumber: Prov.Banten

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Gurindam M'Rana Merana karena dosa Karena dosa ku di neraka Merana dunia dan akhirat Karena mati belum tobat... fb.me/8hvJWbGGj 2 days ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: