PEMPROV BANTU PENYULUH PERTANIAN DAN KELOMPOK TANI

KOTA SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, Senin (23/4), memberikan bantuan berupa 81 sepeda motor kepada penyuluh pertanian yang ada di Banten, bantuan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Banten-Hj.Ratu Atut Chosiyah pada acara pertemuan koordinasi teknis dan pelatihan teknologi budaya padi di Hotel Ratu Bidakara, Kota Serang.

Bantuan sarana prasarana ini merupakan dukungan Pemprov Banten guna mewujudkan peningkatan produksi beras nasional (P2BN). Pertemuan ini merupakan upaya gerakan peningkatan produksi pangan berbasis korporasi (GP3K) yang didukung oleh PT. Sang Hyang Sri dan PT. Antam.

Ke-81 unit sepeda motor itu didistribusikan kepada penyuluh pertanian di Kabupaten Pandeglang sebanyak 13 unit motor, Kabupaten Lebak sebanyak 15 unit motor, Kabupaten Serang sebanyak 13 unit motor, Kabupaten Tangerang sebanyak 17 unit motor, Kota Tangerang memperoleh 2 unit motor, Kota Serang sebanyak 7 unit motor, Kota Tangerang Selatan sebanyak 6 unit motor, Kota Cilegon sebanyak 5 unit motor dan 3 unit motor untuk Penyuluh di tingkat provinsi.

Direktur Pemasaran PT Sang Hyang Sri-Khaerudin mengatakan selain diberikannya bantuan motor, sedikitnya 100 kelompok tani yang tergabung dalam GP3K ini juga dibekali pelatihan dan pemberian bantuan modal hasil kerjasama antar BUMN yang bergerak di sektor pertanian dan yang berkaitan, di antaranya PT Sang Hyang Sri, PT Antam Tbk, PT Askes, PGN.

“Bantuan lain adalah peminjaman modal senilai Rp3 hingga Rp4 juta per hektar yang dialokasikan untuk kebutuhan bibit, pupuk, bayar upah. Sedangkan, pelatihan yang dilakukan adalah bagaimana cara memupuk yang baik dan peningkatan sumber daya manusia (SDM)” ujarnya.

Sementara Direktur Pasca Panen dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan pada Kementrian Pertanian-Pending Dadih Permana menyampaikan peningkatan hasil produksi padi sangat strategis dilakukan di Banten, karena Banten menjadi provinsi andalan peningkatan beras nasional yang ditargetkan mampu mencapai 10 juta ton surplus hingga tahun 2014.

“Dengan potensi yang besar dalam pertanian di Banten, seharusnya Banten tidak hanya memproduksi padi, tapi juga jagung dan kedelai” jelasnya.

Menurut Pending, peningkatan produksi padi ditargekan sebanyak 2.130.270 ton untuk 2012 ini dan ia berharap dengan adanya GP3K ini Banten mampu memberikan kontribusi yang maksimal di tingkat nasional.

“Dengan implementasi lahan GP3K seluas 13.200 hektare pada tahun 2012, potensi sawahnya 197 ribu lebih. Maka, saya optimis Banten dapat mencapai target bahkan melampaui rata-rata terget nasional” ujarnya.

Di tempat yang sama Gubernur menyampaikan pihaknya telah melakukan beberapa program upaya peningkatan produksi padi selain dari program GP3K. Bahkan Pemprov telah mencanangkan anggaran perbaikan infrastruktur sebesar Rp1 miliar untuk 1 kecamatan.

“Kami sudah menganggarkan, tinggal dilakukan MoU dengan Kemendagri dan PNPM perdesaan dan perkotaan, rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Jika MoU sudah dilakukan, maka kami akan langsung transfer ke setiap kecamatan” jelasnya.

Pada acara itu Pemprov Banten melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten mengundang dalam pelatihan tersebut sebanyak 250 orang, terdiri dari kelomopk tani GP3K sebanyak 100 orang, petugas lapangan 120 orang, dan undangan sebanyak 30 orang terdiri dari dinas-dinas yang menangani pertanian di kabupaten/kota.

Sumber: prov.banten

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Fiksi Mini: "Yuk" Suami: "Mah, yuk!" Istri: "Yuk." TAMAT 😅 1 hour ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: