Minahasa Tenggara Pelajari Sukses Pesta Demokrasi di Tangerang Selatan

Pamulang, Tangerang Selatan – Kesuksesan pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) di Kota Tangerang Selatan dipelajari pihak
Kabupaten Minahasa Tenggara. Hal ini ditempuh karena kabupaten baru di Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Minahasa Selatan ini akan menggelar Pemilukada pada September 2012 mendatang.

Beberapa hal penting yang diamati dalam kegiatan studi banding pihak Kabupaten Minahasa Tenggara ke Kota Tangerang Selatan ini diantaranya terkait tahapan sosialisasi, metode pemutakhiran data pemilih, peraturan atau kebijakan khusus, penyusunan anggaran Pemilukada yang tertuang dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB) dan lain sebagainya.

“Adalah kita mau belajar. Mungkin ada kesamaan di sini. Ilmu-ilmu yang ada mungkin bisa kami gunakan dalam Pemilukada mendatang,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara, Fredy Lendo di Aula Kantor Walikota Tangerang Selatan, Pamulang, Kamis, 19 April 2012.

Ditempat yang sama, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara, Aske Benu, menjelaskan masalah anggaran Pemilukada yang sumbernya berasal dari kas daerah, penggunaannya harus tepat. Kondisi geografis juga menjadi kendala yang berimplikasi pada penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilikada.

“Proses tahapan Pemilukada di Minahasa Tenggara mulai Agustus. Untuk itu kami ingin mengetahui bagaimana sistem verivikasi DPT dan TPS (Tempat Pemungutan Suara) terlebih lagi kondisi wilayah kami yang berada diantara pulau-pulau,” kata Lendo.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie yang menerima kunjungan tersebut, menyatakan awal Pemilukada di Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang selaku wilayah induk juga turut memberikan bantuan hibah. Ditambah pada tahun 2010 juga diperoleh melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah-Perubahan (APBD-P) karena diperlukan anggaran tambahan mengingat harus diselenggarakannya Pemilihan Suara Ulang (PSU).

Wakil Walikota menambahkan bahwa, Penjabat Walikota Tangerang Selatan saat itu membuat kebijakan penting dan strategis dalam membantu kesuksesan penyelenggaraan Pemilukada di Kota Tangerang Selatan, dimana Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diminta turut membantu pelaksanaan sosialisasi dengan mengajak partisipasi masyarakat untuk mau datang ke TPS sesuai tempatnya masing-masing. Sehingga hasil pencapaian presentase masyarakat menggunakan hak pilihnya bisa maksimal.

“Ada hal penting yang harus dicermati dan diterapkan didalam pengunaan dana hibah. Tentunya dengan mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 32 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial. Sebab, sumber pendanaan KPU berasal dari hibah dan jangan sampai terjadi masalah dikemudian hari,” pesan Wakil Walikota.

Anggota KPU Kota Tangerang Selatan, Muhammad Subhan yang turut hadir pada acara tersebut menjelaskan, meski ada pandangan dari sejumlah pengamat yang kebetulan berdomisi di Kota Tangerang Selatan memprediksi angka partisipasi hanya akan menyentuh angka 40 persen. Namun, berkat kerja keras KPU Kota Tangerang Selatan dan Pemerintah Daerah, angka partisipasi masyarakat untuk mau menggunakan hak pilihnya mencapai angka 64,05 persen saat PSU dan pada putaran pertama mencapai 57,05 persen

“Perlu ada inprofisasi dari bagian sosialisasi, selain menggunakan media luar ruang seperti spanduk, pamflet dan media massa lokal mau pun nasional. Kota Tangerang Selatan juga telah ditunjuk KPU-RI untuk menjadi tempat ujicoba pemutakhiran data pemilih bersama tiga kabupaten/kota lainnya di Indonesia,” papar Subhan.

Dalam acara kunjungan kerja tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat dari Pemerintah dan Sekretariatan KPU Kota Tangerang Selatan serta seluruh anggota komisioner, kecuali Ketua Iman Perwira Bachsan yang berhalangan hadir. Beberapa pejabat dari Kabupaten Minahasa Tenggara dan DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara. (bpti-ts)

Sumber: infotangsel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Gurindam M'Rana Merana karena dosa Karena dosa ku di neraka Merana dunia dan akhirat Karena mati belum tobat... fb.me/8hvJWbGGj 2 days ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: