Walikota Tebing Tinggi Tandatangani Kerjasama Tujuh Bidang Pelayanan

Pamulang, Tangerang Selatan – Pemerintah Kota Tangerang Selatan menerima kedatangan tamu dari jajaran Pemerintah Kota Tebing Tinggi – Sumatera Utara, untuk menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang tujuh bidang pelayanan di Aula Kantor Walikota di Pamulang, Rabu, 11 April 2012.

Kerjasama antar dua daerah perkotaan ini antara lain terkait bidang pendidikan, kesehatan, kebersihan, lingkungan hidup, ilmu pengetahuan dan teknologi, pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah serta ketahanan pangan.

Walikota Tangerang Selatan – Airin Rachmi Diany mengatakan, sebagai sesama daerah perkotaan diharapkan dapat menyelesaikan berbagai persoalan baik demi terwujudnya sistem pelayanan yang maksimal dan optimal. Dengan demikian pemerintahan tersebut dapat berjalan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi sebagai pengayom serta pelayanan bagi masyarakatnya.

“Harapannya kedepan bahwa apa yang kita lakukan hari ini dapat diwujudkan secara nyata untuk masyarakat di Kota Tangerang Selatan dan Kota Tebing Tinggi,” kata Walikota Airin, dalam sambutannya di hadapan pejabat tinggi daerah masing-masing.

Apalagi kerjasama antar daerah ini, terang Walikota Airin, telah tertuang sebagaimana diatur dalam payung hukum. Diantaranya, Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah serta perangkat hukum yang mengatur tentang Kerjasama Antar Daerah. Dalam regulasi itu, setiap Pemerintah Daerah diberikan kewenangan untuk mengatur dan menjalani sistem pelayanan pemerintahan untuk masyarakat sesuai dengan kebijakannya masing-masing.

Masih menurut Walikota Airin, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), laju pertumbuhan ekonomi di Kota Tangerang Selatan telah mencapai angka 8,7 persen. Sedangkan indeks pembangunan manusia tembus di angka 75,4 persen. Pencapaian hasil ini merupakan tertinggi diantara kabupaten / kota lainnya di Provinsi Banten.

“Kami optimis, Pemerintah Kota Tangerang Selatan dapat melayani masyarakatnya menjadi lebih baik. Sesuai dengan tujuan dan arah otonomi daerah yaitu menjadikan masyarakatnya sejahtera. Diharapkan juga kerjasama antar dua daerah ini tidak hanya pada bidang – bidang yang telah disepakati saja. Tapi juga bisa melakukan kerjasama dibidang yang lainnya,” harap Walikota Airin.

Pada kesempatan itu, rombongan tamu dari Tebing Tinggi ini dipimpin langsung oleh Walikota Tebing Tinggi – Umar Zunaidi Hasibuan, Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi Syahriah Malik dan 15 Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Sementara di pihak Pemerintah Kota Tangerang Selatan, juga turut dihadiri Wakil Walikota Benyamin Davnie Sekretaris Daerah Dudung E Diredja, Ketua DPRD Bambang Rachmadi serta sejumlah Asisten Daerah II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ahadi, Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum serta Staf Ahli dan pimpinan SKPD.
Posisi Kota Tebing Tinggi hampir sama dengan Kota Tangerang selatan yaitu sebagai kota penyangga. Kota Tebing Tinggi merupakan penyangga Kota Medan dan Kota Tangerang Selatan sebagai penyangga Kota Jakarta. Sebagai daerah penyangga Kota besar, permasalahan yang dihadapi relatif sama seperti percepatan pertumbuhan penduduk, persoalan sampah, pengentasan penduduk miskin perkotaan, dan sebagainya. Tidak terkecuali dalam hal pengembangan pertanian yang berorientasi pada intensifikasi lahan sempit atau pertanian sistem perkotaan.

Segera setelah acara penanda – tanganan nota kesepahaman selesai, masing – masing Kepala SKPD antara dua daerah tersebut saling berkomunikasi untuk membahas teknis pelaksanaan sebagai tindak lanjut dari MoU, seperti Kepala Dinas Kebersihan antar kedua Daerah, Kepala Dinas Koperasi UKM, Kepala Badan Lingkungan Hidup, dan sebagainya.

Acara MoU ini ditandai pula dengan pertukaran cindera mata. Pemerintah Kota Tebing Tinggi menyerahkan sejumlah cinderamata dan panganan khas daerah diantaranya, kain songket melayu dan roti kacang. Pada kesempatan itu, Walikota Airin juga langsung mengenakan cinderamata kain songket melayu yang secara simbolis diberikan Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan. Sedangkan di pihak Pemerintah Kota Tangerang Selatan, secara simbolis diserahkan panganan khas dodol Cilenggang dan geplak singkong yang menjadi salahsatu produk unggulan daerah.(bpti-ts)

Sumber: tangerangselatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: