SEKDA TERIMA PESERTA ORIENTASI KEPEMIMPINAN

KOTA SERANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten-H.Muhadi menerima peserta observasi lapangan (OL) Orientasi Kepemimpinan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah bagi Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota angkatan ke-1 tahun anggaran 2012 yang dilaksanakan Badan Pendidikan dan Latihan (Bandiklat) Kementerian Dalam Negeri RI di Pendopo Gubernur Banten, Senin (9/4).

Observasi lapangan yang dilaksanakan selama 4 hari di Provinsi Banten ini bertujuan untuk mengamati penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten/Kota sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan berbagai perundangan lainnya, baik isu aktual yang mencakup aspek pemerintahan, pembangunan, politik dan kemasyarakatan, serta keuangan daerah.

Sekda dalam paparannya menyampaikan bahwa Provinsi Banten yang saat ini baru menginjak usia ke-12 tahun merupakan salah satu provinsi yang mengalami perkembangan sangat pesat.

“Jumlah penduduk kami saat ini berdasarkan Sensus Penduduk Tahun 2010 telah mencapai 10,64 juta jiwa yang tersebar di 4 Kabupaten dan 4 Kota. Kami berada di posisi ke-5 setelah Jawa Barat, Jawa timur, Jawa Tengah dan Sumatera Utara” ungkap Sekda.

Untuk percepatan pembangunan di Provinsi Banten, Sekda menjelaskan Banten dibagi menjadi 3 wilayah kerja pembangunan (WKP). WKP I terdiri dari Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. WKP II meliputi Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon, sedangkan WKP III yaitu Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak.

“Setiap WKP mempunyai karakteristik dan fokus pembangunan tersendiri, oleh karena itu kami pun mempunyai formula tersendiri dalam melaksanakan pembangunannya. WKP I cenderung akan lebih fokus di bidang industri dan properti, WKP II di bidang industri dan pariwisata, sedangkan WKP III di bidang pertanian” jelas Sekda.

Ketua Rombongan yang juga Kepala Pusat Manajemen Pembangunan Kependudukan dan Keuangan Daerah pada Bandiklat Kementerian Dalam Negeri RI-Sanyoto menyampaikan kondisi obyektif yang dihadapi para peserta orientasi sebagai kepala daerah pada daerah masing-masing tentunya akan berbeda dengan daerah yang akan dijadikan lokus observasi, namun dengan peranan kepala daerah yang telah memiliki pengalaman dan masa tugas sekurang-kurangnya 1 tahun, diharapkan akan diperoleh banyak hal yang akan menginspirasi para peserta dalam memulai pelaksanaan tugas sebagai kepala daerah.

“Kami berharap dapat diperkenankan meninjau beberapa kegiatan atau aktivitas terkait dengan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di daerah, di antaranya proses pemberian pelayanan, kegiatan kemasyarakatan, dan kegiatan ekonomi yang merupakan contoh baik atau best practices penyelenggaraan pemerintahan daerah di wilayah lokus observasi” ungkap Sunyoto.

Observasi lapangan ini dimulai sejak tanggal 8 hingga 11 April 2012, dan akan mengunjungi lokus observasi yaitu Kabupaten Tangerang dan Kota Cilegon.

Peserta OL angkatan Ke-1 ini diikuti sebanyak 11 orang, yaitu Drs. Martinus Lase, M.SP – Walikota Gunungsitoli (Provinsi Sumatera Utara), Ir. H. Hafith Syukri, MM – Wakil Bupati Rokan Hulu (Provinsi Riau), DR. Ir. H. Hermen malik, M.Sc – Bupati Kaur (Provinsi Bengkulu), Ir. H.M. Farid Yusran,MM – Bupati Barito Selatan (Provinsi Kalimantan Tengah), H. Kalma Katta, S.Sos, MM – Bupati Majene (Provinsi Sulawesi Barat), Yudas Subaggalet, SE, MM – Bupati Kep. Mentawai (Provinsi Sumatera Barat), Adrianus Aroziduhu Gulo, SH, MH – Bupati Nias Barat (Provinsi Sumatera Utara), H. Sujadi Saddat – Bupati Pringsewu (Provinsi Lampung), Drs. H. Marwan Ibrahim – Wakil Bupati Pelelawan (Provinsi Riau), dr. Hj. Juliarti Djuhardi Alwi, M.PH – Bupati Sambas (Provinsi Kalimantan Barat) dan H.M. Sofhian Mile, SH, MH – Bupati Banggai (Provinsi Sulawesi Tengah).

Sumber: prov.banten

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Fiksi Mini: "Yuk" Suami: "Mah, yuk!" Istri: "Yuk." TAMAT 😅 1 hour ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: