PEMKOT CILEGON JADI TEMPAT OL DIKLAT BUPATI

Kota Cilegon menjadi salah satu fokus Observasi Lapangan (OL) Orientasi Kepemimpinan dan Penyenggaraan Pemerintah Daerah bagi 6 (enam) Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota Angkatan ke-1 tahun 2012. Keenam Bupati/ Walikota dan Wakil Walikota tersebut adalah Martinus Lase Walikota Gunung Sitoli Provinsi Sumatra Utara, Hafith Syukri Wakil Bupati Rokan Hulu Provinsi Riau, Hermen Malik Bupati Kaur Provinsi Bengkulu, M Farid Yusran Bupati Barito Selatan Provinsii Kalimantan Tengah, Kalma Katta Bupati Majene Provinsi Sulawesi Barat dan Yudas Sabaggalet Bupati Mentawai Provinsi Sumatra Barat.

Rombongan diterima langsung oleh Wakil Walikota Cilegon H Edi Ariadi, Sekretaris Dearah Kota Cilegon H Abdul Lubis dan seluruh pejabat eselon II dan III, di Ruang Rapat Walikota Cilegon, Senin (9/4).
Farida Haryadi selaku Widyaiswara Utama yang mewakili Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementrian Dalam Negeri RI, selaku ketua rombongan dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa OL ini dilakukan sebagai tahapan diklat, setelah 2 inggu sebelumnya, peserta diklat mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksankan secara tatap muka dan berdiskusi dengan para nara sumber dan praktisi. “Tujuam OL ini adalah untuk mengamati penyelenggaraan pemerintah di Kabupaten/Kota sesuai dengan amanat UU No 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan berbagai peraturan perundangan lainnya, yang dikaitkan dengan isu aktual dan mencakup aspek pemerintahan, pembnagunan, politik dan kemasyarkat, serta keuangan daerah,” kata Farida.

Dengan mengikuti tahapan kegiatan ini, kata Farida, para peserta mendapatkan pemahaman yang komprehensif antara teori, konsep, dan pronsip kepemimpinan dan penyelenggaraan pemerintah daerah yang diperoleh dengan praktek dilapangan bersama para kepala daerah yang telah memiliki masa jabatan lebih dari 1 (satu) tahun.

Lebih lanjut, Farida mengatakan para peserta akan mendalami berbagai praktek kepemimpinan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang telah diterapkan oleh Kepala daerah serta berdiskusi dengan kepala daerah setempat beserta jajaranya guna mendapatkan data dan informasi tentang peristiwa pemerintahan yang menonjol dan bila memungkinkan diharapkan dapat meninjau beberapa kegiatan atau aktivitas terkait dengan penyelenggaraan pemerintah daerah, diantaranya proses pemberian pelayann, kegiatan kemasyarkatan, dan kegiatan ekonomi yang merupakan contoh baik atau best practices penyelenggaraan pemerintahan daerah di wilayah lokus observasi. “Seluruh proses OL akan difasilitasi oleh pejabat Widyaiswara senior Badan Diklat Kemendagri dan dilaksankan selama 2 (dua) hari serta diharapkan selesai pada hari Rabu tanggal 11 Aril 2012 mendatang,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Cilegon H Edi Ariadi mengatkan bahwa Pemerintah Kota Cilegon memiliki Agenda Kerja yang difokuskan kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatan perekonomian, peningkatan potensi daerah, peningkatan kualitas SDM yang secara keseluruhan diwujudkan melalui peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, berkeadilan, demokratis, berlandaskan hukum serta berorientasi publik melalui 5 Agenda Kerja Kota Cilegon yang meliputi Agenda Cilegon Sejahtera, Agenda Cilegon Berdaya Saing, Agenda Cilegon Maju dan Mandiri, Agenda Cilegon Cerdas dan Sehat, Agenda Berwibawa dan Reformis.

Wakil Walikota Cilegon juga menjelaskan bahwa pemerintah telah menggulirkan berbagai program pro rakyat. Progam pro rakyat dilaksanakan sebagai bagian dari satu upaya penguatan dalam sektor ekonomi. Hal ini perlu dilakukan karena dari hasil Analisa Kemiskinan Partisipasif yang dilakukan pada tahun 2010 dalam rangka penyusunan Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (SPKD) Kota Cilegon, bahwa 69% permasalahan RTS adalah sector ekonomi.

Program ini penting untuk dilaksanakan karena dari 3 (tiga) indikator pembangunan manusia yaitu pendidikan, kesehatan dan daya beli (pendapatan) masyarakat, sector pendapatan masyarakatlah yang perlu ditingkatkan saat ini. Hal ini dilakukan karena sektor pendidikan sudah dilakukan melalui berbagai program seperti : pendidikan gratis, buku gratis, beasiswa, dll. Sedangkan disektor kesehatan sudah melakukan berbagai program seperti : berobat gratis di Puskesmas dan rawat inap di kelas III RSUD Kota Cilegon.

Untuk itu, pemberdayaan ekonomi masyarakat menjadi program prioritas yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam upaya mewujudkan agenda Cilegon Sejahtera. Sebagai wujud implementatif dari agenda Cilegon Sejahtera itulah, maka Pemerintah Kota Cilegon menggulirkan program One District One Billion Toward Enterpreneurship, atau Satu Kecamatan Satu Milyar untuk Wirausaha sebagai Fase Ketiga Program Pro rakyat di Kota Cilegon, dan merupakan salah satu program prioritas dalam percepatan penanggulangan kemiskinan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: