GUBERNUR SAMPAIKAN EFISIENSI BBM BERSUBSIDI

KOTA SERANG – Efisiensi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akhirnya harus disosialisasikan Pemerintah Provinsi Banten kepada masyarakat luas paska dibatalkannya rencana penyesuaian harga BBM bersubsidi per 1 April lalu.

Seperti disampaikan Gubernur Banten-Hj.Ratu Atut Chosiyah, Pemerintah Pusat melalui arahan Presiden beberapa waktu lalu menyampaikan kepada setiap Kepala Daerah agar mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai penggunaan BBM bersubsidi dan non subsidi.

“Presiden RI lebih menekankan agar penggunaan BBM bersubsidi bisa langsung dirasakan manfaatnya dan menyentuh masyarakat yang kurang mampu dan masyarakat yang mampu tidak menggunakan BBM bersubsidi” ujar Gubernur dalam arahannya di Pendopo Gubernur Banten, Kamis (5/4).

Kondisi saat ini adalah konsumsi masyarakat terhadap BBM semakin meningkat sedangkan kemampuan negara menghasilkan BBM terbatas sehingga untuk menutupi kekurangan kebutuhan BBM dalam negeri pemerintah harus mendatangkannya dari luar negeri (impor). Dengan adanya impor minyak dari luar, maka kondisinya mengikuti harga minyak dunia dan itu sangat berpengaruh terhadap keuangan negara.

Untuk itu Gubernur menyampaikan perhatian agar masyarakat menggunakan BBM se-efisien mungkin, berhemat atau tidak menjadi konsumtif. Bagi yang mampu sebaiknya tidak menggunakan BBM bersubsidi.

Sementara untuk Banten, Gubernur memberi perhatian agar pihak terkait juga memberikan perhatian pada penyaluran BBM bersubsidi untuk nelayan. Gubernur menyampaikan, secara teknis, penyaluran BBM bersubsidi untuk nelayan akan dibahas lebih lanjut dengan SKPD terkait yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Banten.

“Berdasarkan penjelasan dari Pertamina Unit Tanjung Gerem sebelumnya bahwa memang selama ini distribusi BBM bersubsidi dari Pertamina kepada nelayan berdasarkan alokasi yang diajukan masing-masing SPBN dan SPDN, namun kami juga mengantisipasi jika ada nelayan yang membeli BBM di SPBU menggunakan jirigen. Oleh karena itu, kami akan mengkaji untuk penggunaan identitas bagi para nelayan yang akan membeli BBM bersubsidi menggunakan jirigen” jelas Gubernur.

Tidak hanya nelayan yang akan diperhatikan, Pemerintah Provinsi Banten juga akan menyiapkan kebijakan penyaluran BBM bersubsidi kepada para petani dan pelaku UMKM.

“Hal tersebut nantinya juga akan dibahas lebih lanjut oleh SKPD terkait dan dengan Pemerintah Kabupaten/Kota mengenai usulan nelayan, petani maupun pelaku UMKM yang berhak menggunakan BBM bersubsidi” jelasnya.

Usulan dari masing-masing SKPD terkait, nantinya akan disampaikan kepada Pertamina agar dapat mensosialisasikan kepada masyarakat yang berhak membeli BBM bersubsidi terutama mereka yang membeli menggunakan jirigen.

Sumber: humasprotokolbanten

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

" />

Twitter Admin, Klik Ya :)

  • Fiksi Mini: "Yuk" Suami: "Mah, yuk!" Istri: "Yuk." TAMAT 😅 1 hour ago

Kalender

New My Visitors


WELCOME FRIEND
visit counter

Forum WP ID

Translate This Site

Visitors Negeri Jiran

free counters

Yang SeDang BerKunjuNg

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Welcome to Blog Banten Networks
-

Link Blog A-Z

A

4an25 4an25

B

bakulatz BAKULATZ

C

cahjawi Cahjawi - Coretan Bocah Jawi

D

dhahnd371 Dhand's Blog

E

syechanbaraqbahean baraqbah ⠊

F

fdhly Fdhly

G

gabanproduction Gaban Production

H

halamanputih Halamanputih

I

zonaiam iam – Zona yang sepertinya NORMAL

J

jurnalmasbro Jurnal Mas Bro

K

kangjava Kangjava

L

labkomputerku labkomputerku

M

mabrurisirampog mabrurisirampog

N

nalurisendu Nalurisendu

O

oomguru. Oomguru

P

pagi2buta pagi2buta

R

rhakateza Rhakateza's Weblog

S

setiaonebudhi setiaonebudhi

T

terlampau Terlampau Site

U

V

W

wahyuchandra wahyuchandra

X

Y

yuni1980 Yuni1980 Blog

Z

%d bloggers like this: